• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Follow us : @JasterMedia
Apa itu Bug dan apa penyebabnya?

Apa itu Bug dan apa penyebabnya?

Pasti banyak belum mengetahui apa itu Bug, Bug adalah istilah bahasa Inggris yang artinya serangga. Namun, tentunya bukan serangga di kehidupan nyata. Melainkan, bug pada sebuah software/website. Kehadiran bug memang bisa jadi sangat menyebalkan. Tapi sebenarnya, apa itu bug? Dan, kenapa bug bisa muncul?

Apa yang dimaksud dengan BUG?

Dalam dunia pengembangan software, bug adalah error yang menyebabkan aplikasi/software tak berjalan dengan semestinya. Mulai dari tiba-tiba hang atau freeze, layar jadi hitam atau biru, hingga aplikasi tertutup dengan sendirinya. Salah satu contoh bug yang terkenal adalah munculnya layar biru yang dikenalkan oleh Bill Gates. Itu artinya bug juga bisa ditemukan pada aplikasi besar dari perusahaan ternama. Celah keamanan akibat bug bisa disalahgunakan hacker untuk mencuri data diri pengguna, menanamkan malware, dan lainnya. Bahkan, bug juga digunakan untuk membajak software berbayar agar bisa digunakan gratis. Ini tentu cukup merugikan bagi developer.

Apa Saja Penyebab BUG?

Buruknya komunikasi disaat pembuatan sebuah software. Deadline pepmbuatan software yang singkat membuat hasil tidak maksimal. Software yang kompleks membuat semakin tinggi kemungkinan muncul bug. Perubahan kode yang tidak didokumentasikan dengan baik. Hingga proses testing yang bermasalah karena tidak maksimal.

Cara menghindari BUG

Komunikasi yang baik adalah langkah pertama agar software anda terbebas dari bug, terutama untuk pengembangan software yang dilakukan secara tim. Kemudian untuk memudahkan anda melakukan komunikasi dengan baik dan memastikan pengembangan software berjalan sesuai rencana menggunakan tools kolaborasi cukup membantu. Tidak mengerjakan secara terburu buru. Menulis kode yang simple dan mudah diingat. Menguji kode anda secara rutin dan memaksimalkan hasilnya maskimal. Menghadirkan Bug Bounty, Bug bounty adalah aktivitas yang bertujuan untuk mencari bug dengan imbalan uang. Orang yang melakukan bug bounty disebut dengan bug hunter.

Itu dia penjelasan mengenai bug. Sekarang anda sudah memahami apa itu bug. Walaupun tak bisa dihindari sepenuhnya, anda bisa mengurangi risiko munculnya bug dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, software kalian bisa berjalan dengan baik dan tak mudah disalah gunakan oleh hacker yang memanfaatkan celah dari bug tersebut.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Tutup