• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Revolusi Industri adalah Perubahan besar terhadap cara manusia memproduksi barang yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Setiap perubahan besar ini selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Akan banyak bidang pekerjaan lama menghilang, dan bidang pekerjaan baru muncul. Revolusi Industri terjadi tiga kali, dan saat ini kita sedang berada pada revolusi industri yang keempat.

Industri 1.0

Revolusi ini dimulai dengan ditemukannya mesin uap oleh James Wat untuk proses produksi barang. Sebelum adanya mesin uap, kita cuma bisa mengandalkan tenaga otot, tenaga air, dan tenaga angin untuk menggerakkan apapun.

Industri 2.0

Revolusi industri ini ditandai dengan penemuan listrik oleh Thomas Alfa Edison. Tenaga otot dan mesin uap sudah tergantikan oleh tenaga listrik. Selain itu di akhir 1800-an, mulai dikenal mobil dan mulai diproduksi secara massal untuk mengatasi kendala transportasi.

Industri 3.0

Pada Revolusi Industri 3.0, peran manusia mulai digantikan oleh mesin bergerak yang mampu berpikir secara otomatis, yaitu komputer dan robot. Di Era ini juga terjadi penemuan semi konduktor, disusul transistor, lalu integrated chip (IC) membuat ukuran komputer semakin kecil.

Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Terdapat banyak inovasi baru di Industri 4.0, diantaranya Internet of Things (IoT), Big Data, percetakan 3D, Artifical Intelligence (AI), robot dan mesin pintar.

Industri 4.0 akan mengambil alih peran manusia dan menggantinya dengan teknologi, dan komputer canggih. Hal ini pastinya akan membuat pengurangan tenaga kerja secara besar besaran. Jika hanya mengandalkan otot, jelas mesin dan robot lebih mampu. Tetapi menyangkut ilmu pengetahuan dan perasaan masih menjadi keutamaan manusia. Oleh Karena itu kita harus menyiapkan diri agar dapat menghadapi revolusi industri 4.0 ini dengan mengembangkan skill yang dapat bermanfaat serta mumpuni di masa depan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu