• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Apa Itu Sidebar Website, Fungsi dan Contohnya?

Apa Itu Sidebar Website, Fungsi dan Contohnya?

Sidebar website diartikan sebagai sebuah area yang ditempati oleh beberapa widget. Pada awal perkembangannya, desain website sidebar merupakan bentuk dari menu samping, baik itu menu samping pada sisi kiri atau pun pada sisi kanan. Nah, pada menu samping kanan atau kiri ini, pemilik website bisa menambahkan beberapa widget sesuai dengan kebutuhannya. Tentunya, jenis widget yang ditambahkan merupakan widget yang tersedia dalam theme atau plugin.

Adanya sebuah sidebar pada website merupakan pelengkap konten utama yang letaknya ada di tengah blog. Dapat dikatakan bahwa kustomisasi sidebar sebenarnya tidak wajib. Tetapi, kustomisasi sidebar ini akan cukup berguna jika pemilik website ingin memberikan informasi tambahan. Pengertian sidebar ini berlaku untuk platform website jenis apa pun, termasuk di antaranya adalah WordPress.

Seiring dengan perkembangan website dari waktu ke waktu, fungsi semacam sidebar mulai muncul pada footer, misalnya sebagai footer kanan, footer tengah, atau footer kiri. Namun, karena sudah terlanjur populer disebut sebagai sidebar, maka tetap disebut sidebar, walaupun tempatnya berada di dalam footer. Lantas, apa saja kegunaan dan fungsi sidebar dalam website?

5 Kegunaan Sidebar Website

Para pemilik website diberikan kebebasan untuk kostumisasi sidebar. Jika ingin melakukan kustomisasi area sidebar, maka bisa dilakukan dengan membuka ‘Appearance’, lalu pilih ‘Widgets’. Selanjutnya, tinggal melakukan drag and drop widget-widget yang menjadi pilihan pengguna.

Apabila berkeinginan untuk membuat area lain, maka bisa menggunakan plugin ‘Custom Sidebar’. Dengan Plugin ini, maka pemilik website bisa mengedit sidebar tanpa menggunakan coding. Namun, tetap saja hasilnya akan sangat memuaskan. Setelah berhasil menyediakan ‘tempat’. Lantas, apa saja yang harus diisi pada tersebut? Selain bisa berisi iklan, inilah beberapa contoh fungsi sidebar website:

1. Fitur Sosial Media

Sproutsocial.com

Konten yang berkualitas tentu harus dibagikan kepada orang lain. Oleh karena itu, pemilik website bisa meletakkan fitur sosial media sharing pada sidebar, sehingga pengunjung dapat membagikan postingan konten-konten tersebut. Apabila terdapat kanal media sosial, maka tambahkan widget yang mengarahkan para pengunjung ke halaman akun media sosial tersebut.

2. Email Berlangganan

Hudsoncreative.com

Ketika para pengunjung website menyukai postingan sebuah konten, maka ada kesempatan bagus karena mereka pasti ingin tahu lebih jauh. Maka dari itu, cobalah untuk menambahkan email berlangganan pada sidebar. Dengan begitu, pengunjung bisa berlangganan agar dapat mendapatkan artikel atau informasi terbaru.

3. Reputasi Website

Linkedin.com

Pemilik website tentu tidak boleh malu untuk menunjukkan reputasinya. Baik itu berupa statistik berlangganan maupun testimonial. Reputasi yang baik tentu harus diperlihatkan kepada publik. Oleh karena itu, menampilkan reputasi pada sidebar akan menambah kepercayaan pengunjung, terutama bagi para pengunjung baru.

4. Rekomendasi Bacaan

Blackbox.com.sg

Jangan pernah membiarkan pengunjung langsung pergi setelah melihat satu postingan saja. Tarik perhatian pengunjung dengan cara menawarkan postingan populer yang berhubungan dengan konten artikel yang baru mereka baca. Hal ini tidak hanya akan menambah trafik, tetapi juga bisa semakin meningkatkan performa SEO website. Ya, semakin lama para pengunjung berada di website tersebut, maka akan semakin tinggi juga peringkat website itu pada mesin pencari.

5. Sticky Sidebar

Tagdiv.com

Misalnya, pada website ada postingan yang cukup panjang. Selagi pengunjung sedang membaca postingan tersebut, maka sidebar tetap ada di tempatnya. Sticky sidebar adalah fitur yang mempertahankan sidebar berada tetap di tempatnya, dan para pengunjung dapat terus membaca konten tersebut.

Itulah aneka fungsi sidebar website yang sangat beragam. Sayangnya, sidebar masih sering dipandang sebelah mata. Padahal, fungsinya sangatlah banyak. Jika dikelola dan digunakan dengan baik, maka sidebar akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan website.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp