• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Apa Saja Fungsi cPanel Website yang Sebenarnya? Cek Disini!

Apa Saja Fungsi cPanel Website yang Sebenarnya? Cek Disini!

Hingga saat ini cPanel website adalah panel standar yang begitu familiar dan telah digunakan oleh sebagian besar developer. Adanya cPanel tentunya memudahkan Anda untuk melakukan segala macam konfigurasi dengan tampilan user interface yang begitu intuitif dan sangat mudah digunakan.

Dengan panel kontrol ini Anda dapat dengan mudah mengontrol segala layanan dalam satu akses yang meliputi manajemen file, domain, membuat FTP user, security, hingga software dan konfigurasi lainnya. Jika Anda tidak menggunakan cPanel, pengaturan di web hosting hanya dapat dilakukan melalui perintah teks saja.

Kenali Aneka Fungsi cPanel Website

Sebelum menggunakan cPanel, tentunya Anda harus berkenalan terlebih dahulu supaya bisa kenal lebih jauh mengenai apa itu cPanel, terlebih jika Anda adalah pendatang baru di dunia web hosting.

Fungsi cPanel pada umumnya adalah untuk membantu mempermudah proses pengelolaan website pada akun hosting milik Anda. cPanel akan sangat bermanfaat untuk mengatur domain dan hosting. Selain itu, cPanel juga memiliki beberapa aplikasi tambahan yang perlu untuk dipasang dengan tujuan agar website Anda bekerja dengan baik. Pada intinya, cPanel berfungsi untuk mempermudah penggunanya. Lantas mempermudah apa saja maksudnya? Ini dia jawabannya

1. Mempermudah Pengelolaan File Website

Idewebsite.com

Umumnya cPanel menyediakan fitur-fitur pengelolaan file yang dapat Anda gunakan mulai dari menghapus menyunting hingga menyalin file website yang terdapat di hosting. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pengaturan FTP yang dapat digunakan guna mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa Anda harus login ke cPanel terlebih dahulu.

2. Mempermudah Pengelolaan Domain

Niagahoster.co.id

Salah satu menu di cPanel website juga mengizinkan Anda untuk mengakses pengaturan domain.  Menu dari fitur tersebut berisi fitur addon domain, subdomain, hingga redirect dan beberapa fitur lainnya. Fitur yang disediakan di sini dapat dimanfaatkan untuk menangani permintaan pada browser yang tertuju pada domain Anda yang tentunya ini dilakukan oleh cPanel.

3. Mempermudah Pengaturan dan Manajemen Email

Jogjahost.co.id

Selain menyediakan fitur-fitur yang telah dijelaskan diatas, cPanel juga menyediakan menu yang berisi berbagai fitur yang berhubungan dengan email Anda. Dengan membuat email baru yang menggunakan nama domain Anda sendiri di sini. Selain hal itu, terdapat juga beberapa fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuka, melihat hingga menyimpan kapasitas yang digunakan oleh setiap akun email.

4. Mempermudah Pengaturan Website

Jetcloud.in

Pada salah satu menu yang terdapat dalam fitur cPanel terdapat pula beberapa fitur yang berhubungan dengan Search Engine Optimization atau yang dikenal dengan SEO. Adanya fitur ini akan sangat membantu ada agar dapat meningkatkan kualitas SEO Anda di website.

5. Mempermudah Pengelolaan Database

Namecheap.com

Dengan cPanel Anda juga dapat mengelola database yang terdapat dalam menu untuk membuka phpMyAdmin. Selain dapat menambahkan dan menghapus database. dengan membuka phpMyAdmin juga memberikan hak akses kepada akun yang berwenang.

6. Mempermudah Konfigurasi Modul PHP yang Digunakan

Jagoanhosting.co

Dengan cPanel, Anda akan diberikan kemudahan untuk memilih versi PHP yang akan Anda gunakan. Bahkan dengan cPanel Anda juga dapat melakukan instalasi sendiri PHP Extension dari file yang terpisah.

7. Mempermudah Pengaturan Keamanan pada Hosting

Niagahoster.co.id

Dengan cPanel Anda dapat mempermudah mengatur keamanan Anda dalam website. Beberapa fitur yang digunakan seperti IP Blocker misalnya.

8. Mempermudah Proses Backup dan Restore Website

Niagahoster.co.id

Fitur lain yang terdapat di cPanel adalah melakukan dan restore akun website Anda. Anda dapat menikmati fasilitas backup secara otomatis seluruh data yang masuk dalam database Anda.

Itulah beberapa fungsi yang ditawarkan oleh cPanel. Manfaat dan fungsi cPanel website sangat banyak bukan? Anda dapat mempraktekkannya sendiri di akun website Anda. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah mewujudkan website yang selama ini diimpikan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp