• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Follow us : @JasterMedia
Apakah yang membuat website anda jadi lambat aksesnya?

Apakah yang membuat website anda jadi lambat aksesnya?

Masih banyak bingung karena apa penyebab website lambat. Beberapa pemilik website mengeluhkan kendala yang sama dan berusaha mencari penyebab website lambat diakses. Jangan panik, Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana mengatasi website yang mulai lambat aksesnya. Jadi simak dulu ya jangan sampai ada yang terlewat. Beberapa penyebab website lambat diantaranya :

Server Tidak Optimal

Performa server adalah salah satu faktor untuk meningkatkan kecepatan website. Server bertugas untuk menyimpan data sebuah website, sekaligus merespon permintaan data dari pengunjung website. Jika server yang digunakan website tidak optimal, maka website bisa menjadi lambat. Anda bisa mengecek jenis server yang digunakan dan lokasi server tersebut.

Terlalu Banyak Menggunakan Plugin

Plugin salah satu hal penting dalam mengoptimalkan website. Tetapi, sebagian pemilik website sering tidak menyadari telah memasang terlalu banyak plugin. Terlalu banyak plugin yang terpasang justru memberi dampak sebaliknya. Penyimpanan yang diperlukan akan semakin banyak. Hingga, plugin akan berjalan bersamaan dalam menjalankan fungsinya.

Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Widget sering digunakan untuk memberi tampilan yang menarik pada halaman website. Jika terlalu banyak menggunakan widget memengaruhi kecepatan website seperti halnya plugin juga. Gunakan widget yang memang dibutuhkan oleh website. Penggunaan widget yang cukup biasanya 1 sampai 3 untuk sebuah website.

Ukuran Gambar yang terlalu besar

Pada umjumnya website dengan konten tutorial,artikel, dan semacamnya seringkali memiliki gambar pada setiap post yang dipublikasi. Hal ini memang mempermudah pembaca mencerna informasi yang diberikan. Namun, beberapa pengguna masih menggunakan gambar dengan ukuran file yang besar. Ukuran file gambar akan menghabiskan banyak bandwidth dan menambah beban server. Pengunjung yang memuat halaman post akan menjadi lama, ada kemungkinan juga gambar tersebut tidak tampil, ketika koneksi pengunjung website sedang tidak stabil.

Cara mengatasinya

Melakukan pengecekan awal, jadi anda tidak perlu mengeceknya secara manual karena saat ini sudah banyak tools untuk cek kecepatan website secara gratis, seperti Pingdom, GTMetrix, Web Page Analyzer dan lainnya. Kemudian pastikan performa server optimal, pastikan anda memilih Server yang baik dan teknologi terbaru yang digunakan akan membuat performa website menjadi optimal. Gunakan CDN untuk membantu penyimpanan gambar website. Melakukan optimasi gambar berarti menggunakan gambar dengan kualitas terbaik tanpa membebani website. Terdapat beberapa cara untuk melakukan optimasi gambar yaitu dengan melakukan kompres, resize, dan memilih format gambar yang tepat.

Sekarang anda sudah mengetahui kenapa website anda jadi lambat aksesnya, selain itu anda juga sudah mengetahui cara mengatasinya juga. Dengan menerapkan semua langkah tersebut diharapkan pengunjung website anda akan semakin banyak.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Tutup