• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Auto Order, Begini Tutorial Menambahkan Fitur Chat di Website Bisnis

Auto Order, Begini Tutorial Menambahkan Fitur Chat di Website Bisnis

Pada era modern seperti saat ini, sebuah bisnis tentu harus memiliki website sebagai media untuk menunjang penghasilan. Pada website, ada salah satu fitur yang sangat penting, yaitu fitur live chat. Penggunaan fitur live chatting tentu akan mempermudah komunikasi antara pemilik website dan pengunjung website. Mengingat bahwa fitur chatting pada website bisnis sangat penting, maka tidak heran jika saat ini semakin banyak metode yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan fitur live chatting website. Kabar baiknya, saat ini ada penyedia layanan live chatting yang bisa digunakan secara gratis. Nah, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan dari Tawk. Lalu, bagaimana cara menambahkan fitur chat di website?

Cara Mudah Menambahkan Fitur Chat di Website Bisnis

Sebagai pemilik website bisnis, salah satu hal yang wajib untuk selalu diingat adalah untuk mengelola sebaik mungkin website yang dimiliki. Salah satunya adalah penggunaan fitur live chat yang wajib ada di website bisnis. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah menambahkan fitur chat di website:

1. Langkah 1 

Timur.ilearning.me

Untuk menambahkan fitur live chat dengan memanfaatkan pihak ke-3, dapat menggunakan layanan gratis yang diberikan oleh Tawk.to. Saat ini, telah banyak website-website yang memanfaatkan layanan gratis ini untuk menambahkan fitur live chat di website mereka.

2. Langkah 2

Warunginter.net

Kunjungi website resmi Tawk.to, kemudian lakukan pendaftaran. Jika sebelumnya sudah pernah membuat akun pada layanan ini, maka tidak perlu melakukan pendaftaran lagi. Cara pendaftarannya pun sangat mudah. Kita hanya akan diminta untuk melengkapi atau mengisi kolom sesuai dengan identitas asli, meliputi nama lengkap, alamat email, serta kata sandi. Jika semua kolom telah terpenuhi dengan benar, segera klik ‘Sign Up For Free’.

3. Langkah 3

Blog.taskpigeon.co

Setelah pendaftaran selesai dilakukan, langkah selanjutnya yaitu silahkan cek email yang digunakan untuk proses pendaftaran sebelumnya. Nantinya, akan mendapatkan pesan konfirmasi pada email. Jika beberapa saat setelah pendaftaran belum mendapatkan email masuk, sebaiknya jangan mengulangi proses pendaftaran. Tunggu saja sampai pesan masuk pada email.

4. Langkah 4 

Okejasaweb.com

Apabila sudah ada pesan sudah masuk di email, silahkan segera lakukan konfirmasi sesuai petunjuk yang diminta. Setelah itu, kita akan dibawa ke halaman awal pengaturan. Pada halaman ini, ada 4 jenis konfigurasi yang harus diatur, yaitu informasi website, pemilihan bahasa, pengelola member, serta pemasangan widget.

Setelah memilih jenis bahasa yang akan digunakan, selanjutnya kita akan diminta pada halaman pengisian detail website. Pada bagian ini, silahkan isi nama situs dan alamat URL. Selanjutnya, silahkan klik ‘next’. Lalu, isikan member yang akan mengelolanya dan kemudian lakukan ‘install widget’.

5. Langkah 5

Tawk.to

Jika widget telah berhasil di install, nantinya kita akan diarahkan pada halaman utama atau dashboard Tawk akun yang dimiliki. Kemudian, ambil kode yang diberikan, caranya dengan memilih tombol gear pada bagian sidebar di sebelah kiri. Silahkan buka fitur pengaturan. Pada halaman ini, ada beberapa konfigurasi untuk pengaturan live chat website. Misalnya, pengaturan tampilan chat, baik dari segi warna ataupun jenis chatting. Selanjutnya, Silahkan copy kode yang didapatkan dari akun Tawk.

Setelah melakukan 5 langkah di atas, selanjutnya kita hanya perlu memasang widget live chat di website yang dimiliki. Bagi pengguna blogspot, silahkan buka halaman layout di halaman admin, lalu tambahkan widget HTML dan paste kode di sana. Selanjutnya, klik ‘Save’ serta klik ‘save arrangement’.

Dan selesai! Silahkan buka situs website dan lihatlah hasilnya. Bagaimana? Pasti telah berhasil menambahkan fitur chat di website bukan? Karena langkah-langkahnya sangat mudah, maka jangan sampai tidak memanfaatkan pemasangan fitur live chat gratis ini ya! Dengan adanya fitur live chat di toko online yang dimiliki, maka pasti bisa meningkatkan kepuasan para pengunjung.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp