• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Bagaimana Sih, Cara Menemukan Bug pada Website? Nih Tipsnya!

Bagaimana Sih, Cara Menemukan Bug pada Website? Nih Tipsnya!

Menulis sebuah program bukanlah pekerjaan yang mudah. Memang sangat jarang suatu aplikasi bisa berhasil dibuat dari awal sampai selesai tanpa mengalami kendala atau masalah sedikit pun. Baik itu berupa masalah kesalahan penulisan atau pun karena kesalahan logika program. Saat terjadi sebuah kesalahan, akibatnya adalah aplikasi tidak akan berjalan dan bekerja dengan semestinya. Kesalahan yang terdapat dalam suatu aplikasi atau website dapat disebut sebagai bug. Lantas, bagaimana cara menemukan bug pada website?

5 Cara untuk Menemukan Bug Pada Website

Mencari dan menemukan bug pada website memang tidaklah mudah. Perlu menggunakan tips-tips tertentu agar cepat berhasil. Berikut ini merupakan beberapa cara atau tips untuk menemukan bug pada website:

1. Jangan Panik

Techwell.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ‘jangan panik’. Pastikan, untuk berusaha tetap tenang. Ingatlah bahwa cepat atau lambat bug pada website pasti akan dapat ditemukan dan segera diperbaiki. Jika panik, justru akan membuat semakin terburu-buru dan akhirnya menghasilkan suatu analisis yang salah.

2. Gunakan Syntax Highlighter

Arlinadzgn.com

Mayoritas editor teks pasti sudah memiliki syntax highlighter. Hal ini karena fitur tersebut sangat membantu dalam mencari kesalahan sintaks. Syntax highlighter nantinya akan membuat kode-kode tertentu yang ditulis dengan bahasa yang mudah ditangkap mata. Visual Studio Code, Atom, atau Sublime Text sudah otomatis akan mengaktifkan syntax highlighter untuk bahasa-bahasa umum, seperti PHP, Python, Java, Javascript, C/C++, dan lainnya. Beberapa IDE, misalnya intellij IDEA, Eclipse, dan Netbeans bahkan dapat langsung memberi informasi apabila ada kekurangan titik koma, kekurangan atau kelebihan tanda kurung, dan lainnya.

3. Gunakan Static Code Analysis

Sevaa.com

Cara menemukan bug pada website yang selanjutnya adalah menggunakan SCA atau Static Code Analysis. SCA merupakan sebuah program untuk mengotomatiskan sebuah proses analisis kode. Program ini dapat mendeteksi terjadinya kesalahan penulisan program secara sintaks, mendeteksi memory leak, kesalahan penggunaan multithreaded, mendeteksi vulnerability yang mungkin akan mengancam aplikasi, dan fungsi lainnya.

4. Gunakan Debugger

Hackernoon.com

Debugger merupakan aplikasi khusus yang memungkinkan para programmer untuk menghentikan eksekusi program pada baris tertentu atau breakpoint, lalu memeriksa nilai variabel atau objek, dan kemudian melanjutkan kembali eksekusinya pada baris per baris.

Mayoritas IDE seperti Netbeans, Eclipse, dan intellij IDEA umumnya mempunyai debugger bawaan. Pada umumnya, setiap bahasa memiliki debugger yang berbeda-beda dan dapat dieksekusi secara terpisah menggunakan command line.

5. Cari Lebih Banyak Informasi

Gauss-development.com

Meski sudah memakai banyak tools, tetapi masih sangat memungkinkan untuk melewatkan suatu bug. Mungkin saja karena kurang teliti dalam hal penulisan sintaks. Jika dengan melakukan cara-cara di atas masih belum bisa memecahkan masalah bug, cobalah untuk mencari lebih banyak informasi dengan searching di internet menggunakan kata kunci pesan kesalahan sintaks. Pada umumnya, saat pesan kesalahan sintaks tersebut langsung disalin ke mesin pencari, maka akan banyak sekali informasi cara penyelesaian yang ada di dalamnya.

Selain itu, para pemilik website juga bisa bergabung dengan grup-grup diskusi yang membahas seputar bahasa pemrograman. Saat ini memang sangat banyak sekali grup diskusi tentang pemrograman yang terdapat pada platform online, seperti Telegram, Facebook, WhatsApp, atau forum lainnya. Platform ini sangatlah cocok untuk bertanya dan memberikan solusi terkait hal-hal yang tidak dapat diselesaikan sendiri seperti berkaitan dengan masalah bug dan sebagainya.

Itulah beberapa cara menemukan bug pada website. Dengan menggunakan cara-cara di atas, pastinya sudah tidak akan merasa kesulitan lagi untuk mencari atau menemukan bug pada website. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp