• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Begini Tutorial Lengkap Cek Broken Link Website Cepat dan Valid

Begini Tutorial Lengkap Cek Broken Link Website Cepat dan Valid

Broken link adalah sebuah link yang terdapat di sebuah halaman website dan tidak akan ditemukan jika Anda mencarinya di laman pencarian. Ketika mengklik halaman website tersebut, maka yang muncul hanyalah link error bahkan 404 not found pada hasil pencarian.  Hal ini tentunya menjadi masalah yang cukup serius bagi para pemilik website. Adanya broken link tentu akan membuat pengunjung kapok dan mencari website lain, sehingga hal tersebut tentu akan mempengaruhi website Anda di Search Engine. Meskipun menjadi sebuah masalah yang cukup serius, namun bukan berarti hal ini tidak dapat diatasi. Berikut informasi mengenai tutorial lengkap cek broken link website cepat dan valid.

Rahasia Cara Cek Broken Link Website

Dari banyaknya solusi yang dapat digunakan, salah satu solusi yang termudah adalah dengan cara mengunduh salah satu tools gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek ada tidaknya broken link di website Anda. Caranya adalah dengan menggunakan software plugin cek broken link.

Beberapa plugin cek broken link website tersebut dapat diakses secara gratis tanpa biaya. Tentunya, dengan menggunakan plugin ini Anda akan lebih mudah mengecek serta tidak membuang waktu dengan mengecek satu per satu halaman error untuk mengatasi broken link. Setelah Anda mengunduh dan mengaktifkan plugin tersebut, Anda dapat melihat fitur lengkap dari plugin ini dengan cara membuka setting kemudian link checker.

Pada tab pengaturan terdapat lima tab yang akan membantu Anda untuk mempermudah mengecek broken link di berbagai komponen website atau blog. Kelima bagian tab pengaturan ini di antaranya adalah:

1. General

99signals.com

General adalah tempat untuk mengatur seberapa sering plugin ini mengecek tautan-tautan di website atau blog milik Anda. Biasanya, plugin ini akan mengecek setiap tautan di website atau blog milik Anda dalam kurun waktu 72 jam sekali. Selain hal ini, Anda juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi yang akan memberi tahu adanya broken link yang terdeteksi.

2. Tab Look For Link In

Createandcode.com

Secara default plugin ini hanya akan memeriksa pada bagian komentar, laman dan post. Namun, Anda juga dapat menambahkan bagian lain dengan mencentang beberapa pilihan yang tersedia, seperti memeriksa elemen lain di website yang mungkin perlu Anda periksa.

Tak melulu hanya pada konten yang sudah Anda publikasi ( published) untuk diperiksa. Namun plugin ini juga dapat memeriksa broken link di berbagai status seperti misalnya saja spam, pending bahkan private.

3. Which Links to Check

Wpmyweb.com

Pada umumnya orang-orang hanya memeriksa yang berbentuk HTML pada tautan yang berbentuk gambar maupun video di Youtube, namun plugin ini juga menyediakan pilihan tautan lain yang dapat diperiksa.

4. Protocols and APIs

Hostinger.com

Di dalam plugin ini Anda juga dapat memeriksa broken link dalam website dengan menggunakan pilihan Protocols and APIs untuk memeriksanya.

5. Advanced

Wpmissing.com

Pada bagian ini Anda dapat menyetel dengan pengaturan yang lebih spesifik mengenai broken link. Misalnya saja Anda dapat menganggap sebuah tautan sebagai broken link jika tidak terbuka selama lebih dari tiga puluh detik. Anda pun dapat mengatur seberapa lama plugin ini untuk memonitor tautan dan kategorisasi yang akan diperiksa.

Untuk memperbaiki broken link yang ada, hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah dengan mengubah URL. Hal ini dapat dilakukan jika Anda mengetahui laman atau konten yang benar. Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan Unlink atau menghapus tautan yang ada. Ini adalah sebuah cara alternatif jika Anda tidak mengetahui halaman mana yang benar. Kedua cara tersebut adalah cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki broken link pada kolom-kolom komentar.

Sangat mudah bukan cara untuk cek broken link website cepat dan valid, sekarang Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pengunjung di website Anda atau pusing karena ranking SEO turun sebab masalah broken link.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp