• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Belajar Membaca Statistik Website untuk Kebutuhan Bisnis

Belajar Membaca Statistik Website untuk Kebutuhan Bisnis

Melakukan trackingstatistik website menjadi salah satu hal yang cukup membingungkan dan pastinya memakan banyak waktu saat mempelajarinya, terutama bagi pebisnis pemula. Sebagai orang yang baru terjun di dunia bisnis online, akan sangat dianjurkan untuk memahami basic penggunaan Google Analytics.

Google Analytics adalah layanan gratis Google yang bisa dimanfaatkan untuk analisis statistik pengunjung website. Google Analytics menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan untuk melihat jumlah pengunjung, lokasi pengunjung, content yang banyak disukai, strategi marketing mana yang paling berdampak pada website, serta berbagai kegunaan lainnya. Namun, membaca hasil analisis statistik website dari Google Analytics bukan hal yang mudah, sehingga dibutuhkan waktu untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Cara Dasar  Membaca Statistik Website

Mengingat bahwa data statistik pengunjung sangat penting demi kemajuan dan perkembangan suatu bisnis. Oleh karena itu, akan sangat disarankan bagi pemilik website khususnya pemula, untuk mempelajari cara membaca data statistik hasil analisis Google Analytics. Nah, berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu diketahui tentang data statistik.

1. Sessions

Energywatch.co.id

Bagian sessions ini merupakan jumlah visitor yang telah berkunjung ke suatu halaman website. Setiap visitor yang mengunjungi website akan dihitung 1 sessions. Jika ternyata visitor tidak melakukan kegiatan atau aktivitas apapun di satu website, lalu mengakses web kembali setelah berselang 30 menit, maka dihitung sebagai 2 sessions

2. Audience Report

Mainstreethost.com

Audience report adalah sebuah report yang memberikan berbagai informasi tentang visitor website. Report ini bisa memberikan informasi yang cukup terperinci, seperti info demografi, lokasi, minat, hingga bahasa yang digunakan oleh para visitor website. Selain itu, pemilik website juga bisa mengetahui seberapa seringnya para visitor berkunjung ke website tertentu. Bukan itu saja, jenis teknologi yang digunakan para visitor untuk mengunjungi halaman website juga bisa diketahui.

3. Bounce Rate

Digishuffle.com

Sementara itu, bounce rate adalahpersentase visitor yang meninggalkan halaman website setelah hanya membuka satu halaman web saja. Misalnya, visitor membuka halaman utama web tanpa membuka halaman lainnya. Perlu diketahui juga bahwa semakin kecil persentase bounce rate, maka semakin baik halaman website tersebut.

4. Behaviour Reports

Practicalecommerce.com

Bagian behaviour reports merupakan data yang isinya berupa informasi tentang content web yang paling banyak disukai oleh para visitor web. Menu ini pun akan menampilkan informasi mengenai kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk bisa membuka beban halaman website secara menyeluruh.

5. Acquisition Reports

Shopify.com

Dan yang terakhir adalah acquisition report. Bagian ini merupakan hasil analisis yang menampilkan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang paling mendorong visitor untuk membuka halaman suatu halaman website tertentu.

Selain lima jenis data hasil analisis Google Analytics tersebut, tent masih banyak istilah data statistik web yang wajib diketahui. Misalnya istilah Users, yaitu mereka para visitor yang pernah mengunjungi suatu halaman website. Pageviews, merupakan total halaman yang telah dilihat oleh para visitor. Page/Session, yaitu jumlah halaman website yang terbuka pada setiap kunjungan visitor. Avg. Session Duration, yaitu data yang berisi informasi mengenai seberapa lama waktu yang digunakan oleh visitor saat berkunjung suatu website. Dan yang terakhir adalah % New Sessions yang merupakan jumlah persentase visitor baru di halaman website.

Dengan memahami bagaimana cara membaca data statistik website tersebut, maka akan mempermudah pemilik website dalam menentukan langkah selanjutnya untuk mengelola dan mengembangkan bisnis di website tersebut. Karena, ketika bisa memahami hasil analisis data pengunjung, maka pemilik website bisnis pun bisa melakukan strategi-strategi jitu lainnya yang sesuai dengan data analisis yang didapatkan. Dengan begitu, website yang dimiliki bisa semakin dikunjungi oleh banyak visitor dan pada akhirnya bisa mencapai target penjualan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu