• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Cara Mengatasi Web Eror agar Bisnis Tetap Jalan

Cara Mengatasi Web Eror agar Bisnis Tetap Jalan

Website dengan platform apapun pasti bisa mengalami error. Dan ketika mendapat notifikasi mengenai error nya website, jangan panik dulu. Karena kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang mudah dilakukan. Tidak perlu memanggil teknisi, karena kamu bisa mengatasinya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi web error yang bisa kamu terapkan ketika error menyerang.

Catatan Log

Sitechecker.pro

Cara mengatasi web error yang pertama dengan mengecek catatan log. Kamu bisa melakukan review catatan eror yang kemudian akan muncul penyebab errornya website. Namun, apabila kamu ingin memeriksa log error secara langsung bisa menggunakan file .htaccess yang berfungsi mencatat dan mengetahui error ‘sorry you’re not allowed to access this page‘.

WP_DEBUG

Cactusthemes.com

Salah satu penyebab website error adalah adanya kesalahan dalam situs. Nah, untuk memeriksanya kamu bisa menggunakan tools WP_DEBUG. Bukalah file wp-config.php untuk kemudian menambahkan kode baris apabila belum ada dokumen yang muncul. Setelahnya kamu bisa membaca pesan debug. Dari pesan itulah kamu bisa mengetahui penyebab error dan cara mengatasinya dengan tepat.

Revert Situs ke Pre-error State

Kinsta.com

Cara mengatasi web error selanjutnya menggunakan revert situs ke pre-error state. Keadaan ini bisa disebabkan oleh perubahan update WordPress, local environment, dan migrasi situs yang menyebabkan akses ke halaman terganggu. Plugin website yang baru diinstal juga bisa menjadi salah satu penyebab website error.

Ingatlah perubahan paling akhir pada situs dan manfaatkan untuk revert situs untuk mengatasi error. Menghapus plugin yang menjadi penyebab website error juga bisa mengatasinya. Selain itu, bisa juga dengan restore ke versi baru. Kamu juga bisa menggunakan restore WordPress melalui backup. Namun, hal ini bisa kamu lakukan apabila sudah mencadangkannya sebelum error.

Memeriksa File Permission

Cloudways.com

Salah satu cara mengatasi web erroradalah dengan memeriksa file permission dengan mengunjungi konfigurasi pada file tersebut. Karena eror menyebabkan kamu tidak bisa masuk ke dashboard maka satu-satunya jalan kamu masuk melalui FTP.

Buka aplikasi FTP, masukkan informasi mengenai hosting-mu di kolom yang ada. Kemudian masuk ke public_html, wp-admin, wp-content, dan terakhir wp-include. File permission sudah terbuka dan menampilkan file attribute terkhusus bagian jendela sebanyak 755 untuk kemudian kamu centang recurse into subdirectories dan apply to directories only lanjut ke OK.

Cara mengatasi web error dengan file permission yang kedua yaitu masih dengan public_html, kliklah folder kecuali file exclude. Klik kanan pada file yang terpilih kemudian pilih file permission. Ubahlah change attributes, perlu juga untuk dilihat berapa nilai yang ada, biasanya di bawah 644. Pastikan recurse into subdirectories sudah dicentang dan apply to directories only lanjut ke OK lagi.

Matikan Tema atau Plugin

000webhost.com

Cara kelima yaitu dengan mematikan tema atau plugin. Sekali lagi, jika tidak bisa melalui dashboard, ganti dengan cara manual, menggunakan FTP. Setelah dimatikan, langsung saja cek penyebab errornya. Apakah masih ada atau tidak.

Pemberitahuan dari Plugin Security

Monitorteknologi.com

Nah, salah satu penyebab website error adalah serangan hack. Kalau kamu sudah menginstal plugin security, biasanya kamu akan mendapatkan pemberitahuan atau pesan peringatan serta adanya aktivitas yang mencurigakan di website melalui email. Untuk itu, jangan lupa untuk mengecek email. Adanya plugin security ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi web error.

Nah, itulah keenam cara mengatasi web error yang bisa kamu terapkan ketika terjadi error pada website yang kamu miliki. Semoga bisa bermanfaat untuk membantumu ya!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp