• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Cara Menggunakan Google Analytics Paling Mudah

Cara Menggunakan Google Analytics Paling Mudah

Apakah kamu memiliki sebuah situs web baru untuk bisnis online-mu, sudah berjalan, tetapi pemasukan masih jongkok? Sebelum penghasilan didongkrak, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa situs web yang kamu miliki memiliki pengunjung yang dibutuhkan. Nah, cara untuk menghitung seberapa banyak jumlah kunjungan dalam satu web adalah dengan menggunakan google analytics. Untuk itulah, banyak orang yang mencari cara menggunakan google analytics ini dengan benar.

Google Analytics sendiri berperan untuk menyisipkan kode Analytics ke dalam situs web milikimu, kamu bisa melacak setiap kunjungan. Hal ini akan membantumu untuk memastikan bahwa setiap pengunjung mendapatkan pengalaman pengguna web yang berkesan dan paling baik. Untuk memulainya, yuk intip informasinya.

Kunjungi Google Analytics

Indonesiaartikel.com

Cara menggunakan Google Analytics yang pertama adalah mengunjunginya terlebih dahulu. Klik menu acces analytics yang ada di pojok kanan atas. Menu ini akan membawamu menuju halaman baru yang menunjukkan bagaimana cara kerjanya. Klik Daftar atau Sign Up untuk membuat akun Analytics milikmu sendiri.

Kamu harus menggunakan akun Google untuk mendaftar. Tidak ada larangan untuk membuat akun Google baru hanya untuk melacak data Analytics dan membuatnya tidak tercampur dengan akun Google pribadi. Kemudian pilih cara pelacakan yang kamu sukai, apakah menggunakan Universal Analytics Beta atau Classic Analytics.

Selanjutnya, cara menggunakan Google Analytics adalah memasukkan informasi akun untuk membantu menentukan bagaimana data Analytics ditafsirkan dan dikembalikan kepadamu lagi. Lalu pilih salah satu cara berbagi data dari tiga cara yang disediakan.

Menyisipkan Kode Pelacakan

Youtube.com

Kliklah tombol ‘Get Tracking ID’ yang akan membawamu ke halaman berupa potongan kode yang harus ditempatkan di dalam situs. Setelahnya salinlah kode tersebut. Jangan sampai ada yang diubah karena pelacakan tidak akan berhasil jika diubah sedikit saja.

Cara menggunakan Google Analytics selanjutnya buka kode sumber dari halaman web. Apabila tidak memiliki akses terhadap kode situs, maka hubungi pengembang web untuk menyunting kodenya agar bisa menyisipkan kode tersebut. Setelahnya tempelkan kode di setiap halaman yang ingin dilacak. Kemudian tunggulah pelacakan berjalan. Pelacakan akan dimulai setelah 24 jam dari pemasangan. Kamu bisa mengeceknya apakah sudah benar pemasangannya di sistem Analytics bagian ‘Tracking Code’ lalu entri ‘Tracking Status’.

Melihat Kunjungan

Herosoftmedia.co.id

Untuk melihat kunjungan, kamu perlu membuka menu Admin dari situs Analytics. Kemudian pilih All Accounts dan pilihlah Show Visits untuk melihat jumlah kunjungan di web. Selain itu, disana juga ada persentase dari bulan ke bulan. Untuk melihat setiap situs yang akan dilacak kamu bisa menggunakan Dashboard. Dashboard mengizinkanmu untuk melihat informasi secara mendalam tentang kunjungan situs. Kamu juga bisa mengaturnya sendiri bahkan menambahkan Dashboard.

Menentukan Tujuan

Conversioner.com

Masih di menu Admin, cara menggunakan Google Analytics yang keempat adalah menentukan tujuan dengan mengklik Goals dan pilihlah tujuan web yang ingin dibuat. Terakhir simpanlah tujuan tersebut untuk kemudian dilihat di bagian Gial Flow Report. Laporan ini memberikan kamu informasi terkait bagaimana kunjungan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Mengaktifkan Fitur Analytics Tambahan

Adwords.googleblog.com

Untuk mengaktifkan fitur Analytics tambahan, lacaklah email media sosial dan iklan pemasaran lainnya melalui Google Analytics. Buatlah URL khusus untuk melacak setiap kunjungan iklan baru. Kamu juga bisa mengatur akun yang terhubung ke Google AdWords. Jangan lupa untuk menggunakan Event Tracking untuk melacak sumber dan konversi setiap pembelian.

Nah itulah cara menggunakan Google Analytics yang bisa kamu jajal. Mudah kan ya? Yuk coba Google Analytics dan rasakan pemasukan yang kian deras memasuki kantong. Ingat, itu hanyalah pemahaman dasar. Seiring berjalannya waktu, kamu akan paham sendiri dan menguasai semua yang ada di Google Analytics.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp