• 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Fungsi Hosting dan Domain Website Bisnis

Fungsi Hosting dan Domain Website Bisnis

Hosting dan domain adalah dua komponen penting dalam sebuah website. Hosting merupakan tempat menyimpan data website agar dapat diakses melalui internet. Sedangkan, domain adalah alamat dari sebuah website. Hosting dan domain saling berhubungan dan berkaitan erat. Ketika memiliki sebuah domain, domain diletakkan pada sebuah hosting. Setelah itu, kamu bisa mulai membangun website. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini fungsi hosting dan domain website bisnis.

Fungsi Hosting

1. Tempat Penyimpanan Data

Kinsta.com

Fungsi utama dari sebuah hosting adalah tempat menyimpan data. Data tersebut berupa file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet. Hosting bisa dikatakan sebagai perpustakaan, sedangkan website sebagai buku-bukunya. Sehingga, banyak orang yang bisa melihat atau membaca buku tersebut. Jadi pemilik website bisa memberikan informasi sesuai kebutuhan user.

2. Alamat Akses atau Link Website

Thesslstore.com

Hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. Ketika seseorang ingin mengakses sebuah situs yang sudah teregistrasi dalam sebuah DNS, maka server akan mengakses link hosting yang digunakan dalam hosting. Jadi, meskipun website atau situs kamu sudah terdaftar dalam DNS tetapi tidak dimasukkan dalam hosting, website tersebut tidak akan bisa di akses oleh orang lain. Bahkan, bisa memunculkan status error saat ada orang ingin mengaksesnya.

3. Menjaga Website atau Aplikasi Tetap Online

Tranyar.co.id

Fungsi terakhir dari hosting adalah menjaga website atau aplikasi tetap online. Fungsi ini sangat penting karena hanya ada di hosting. Dengan hosting, website akan selalu dalam kondisi online selama penyedia hosting website tetap terjaga dan tidak ada masalah. Website bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir bila sewaktu-waktu mati.

Untuk mendapatkan layanan hosting yang prima, menggunakan hosting berbayar menjadi langkah yang tepat. Selain aman, hosting berbayar memiliki garansi untuk uptime. Namun, jika menggunakan hosting gratis akan sangat beresiko memiliki banyak masalah di kemudian hari seperti website mati dan lain sebagainya.

Sebelum membeli sebuah hosting, pastikan penyedia hosting sudah terpercaya dan berpengalaman. Sehingga, berapapun yang mengakses website tidak akan mendapat masalah. Jangan pernah tergiur dengan harga hosting yang murah atau dibawah harga pasaran. Biasanya penyedia hosting abal-abal memberikan harga dibawah pasaran.

Fungsi Domain

Fungsi hosting dan domain saling berhubungan satu sama lain. Untuk membangun sebuah website, hosting prima saja tidak cukup. Perlu sebuah nama domain sebagai perwakilan identitas. Untuk lebih lengkapnya, simak baik-baik penjelasan fungsi domain di bawah ini.

1. Domain Sebagai Perwakilan Identitas Pemiliknya

Blog.tokotalk.com

Nama domain website dapat mewakili identitas pemiliknya, identitas dari perusahaan atau organisasi yang membuatnya. Untuk mengetahui informasi domain, kamu bisa menggunakan whois. Informasi tersebut meliputi nama domain, tanggal pembuatan domain, nama pendaftar, nama perusahaan.

2. Domain Sebagai Identitas Kegiatan Organisasi

123-reg.co.uk

Nama domain website bisa mewakili identitas dari bentuk kegiatan organisasi. Organisasi merupakan tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Organisasi memiliki beberapa jenis seperti lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi komersial dan lainnya.

3. Domain Sebagai Nama Unik Website

Eukhost.com

Nama domain digunakan untuk mengganti sebuah alamat IP. Di dalam situs tersebut kita bisa mengetahui IP Address domain. Artinya, kamu bisa mengakses domain website tanpa memasukkan URL domain. Cukup masukan IP Address domain ke dalam kolom url browser, maka secara otomatis akan redirect ke domain website.

Itulah fungsi hosting dan domain website bisnis. Semoga bermanfaat!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp