• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Ini Dia Jenis-Jenis Ukuran Foto untuk Website SEO Friendly

Ini Dia Jenis-Jenis Ukuran Foto untuk Website SEO Friendly

Dalam memposting suatu artikel di website, tentunya tidak jauh dari urusan gambar atau foto. Bagaimana tidak? Sebab foto dan gambar sangat menunjang blog supaya bisa memiliki tampilan yang lebih cantik. Lantas, bagaimanakah ukuran foto untuk website yang bagus dan ideal SEO friendly? Apakah ada aturan mengenai penggunaan dimensi atau ukuran tertentu? Adakah aturan tentang ukuran Panjang dan lebar yang harus digunakan? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari kita simak ulasan berikut:

Format Dan Ukuran Foto Paling Ideal untuk Website SEO Friendly

Ada beberapa pilihan format gambar yang tersedia dan dapat digunakan untuk posting di website. Umumnya, format gambar yang paling sering digunakan adalah JPG (JPEG), tetapi ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan GIF atau PNG. Berikut penjelasan mengenai ketiga format gambar tersebut:

1. Format JPEG

Mistecnologia.com

Format JPEG merupakan format yang paling bagus digunakan pada jenis blog fotografi digital, tetapi tidak jarang digunakan juga pada portal atau blog selain fotografi. Format JPEG menjadi salah satu format yang paling banyak digunakan oleh para blogger, baik itu blog wisata, kuliner, travel, dan sebagainya.

2. Format PNG 

Cspvoyages18.com

Format PNG menjadi format foto yang paling sering digunakan untuk sebuah website. Hal ini karena jenis format PNG dapat diedit serta dikompres hingga ukuran paling rendah, yaitu mencapai sekitar 70 % tanpa mengurangi sedikitpun kualitas gambar aslinya. Penggunaan format ini akan sering Anda temui pada blog-blog yang mementingkan kecepatan peforma.

3. Format GIF 

Pngtree.com

Jenis format ini pada umumnya sangat mendukung ukuran foto atau gambar yang kecil, misalnya logo dan sejenisnya. Namun, format GIF cukup jarang digunakan.

Itulah beberapa format gambar yang cocok untuk blog atau website. Anda bisa memilih format foto sesuai dengan kebutuhan blog. Pastikan tidak memaksa untuk memakai format gambar yang kurang sesuai dengan blog Anda, karena hasilnya pun tidak mungkin bisa sesuai harapan.

Dimensi Ukuran Gambar untuk Website SEO

Lalu, berapa ukuran dimensi gambar yang pas untuk website SEO Friendly? Nah, untuk ukuran atau dimensi gambar yang diposting pada website, tentunya harus disesuaikan dengan template blog Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa ukuran gambar paling ideal untuk website SEO Friendly:

1. Template 1 Kolom 

Justdezul.blogspot.com

Pada template 1 kolom, Anda bisa memakai gambar atau foto yang berukuran 700 x 360 pixel atau bisa juga menggunakan ukuran 600 x 400 pixel.

2. Template 2 kolom 

Dribbble.com

Untuk posting gambar pada template 2 kolom, terdapat 2 ukuran gambar atau foto yang bisa Anda coba, yaitu ukuran 600 x 400 pixel dan ukuran 600 x 320 pixel

3. Template 3 kolom 

Thesun.co.uk

Nah, jika Anda menggunakan template 3 kolom, maka pilihan ukuran foto atau gambar yang bisa dipakai adalah 300 x 250 pixel.

Anda mungkin akan mendapati bahwa ukuran dan dimensi gambar tak sesuai dengan aturan di atas. Jangan khawatir, Anda bisa mengedit gambar atau foto tersebut menggunakan software editor gambar, seperti photoshop dan Microsoft Office Picture Manager. Dengan menggunakan software editor, maka Anda bisa mengedit size gambar sesuai dengan template blog Anda.

Selain itu, ada baiknya gambar yang akan diposting dikompres terlebih dahulu. Tujuannya supaya gambar tidak menyebabkan loading blog menjadi lama. Namun, pastikan bahwa kompres gambar tidak merusak kualitas dan gambar harus tetap tampak jelas.

Demikian itulah cara sederhana untuk membuat ukuran foto untuk website paling ideal. Dengan melakukan optimasi gambar SEO friendly, maka blog Anda akan semakin mudah dilacak oleh mesin pencari. Dengan begitu, trafik pengunjung Anda pun akan semakin meningkat.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu