• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Inilah Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Website Bisnis

Inilah Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Website Bisnis

Bahasa pemrograman menjadi suatu hal penting dan tidak bisa diabaikan pada suatu website. Oleh karena itu sebelum membuat website, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman. Meski sekarang ini telah banyak tersedia layanan atau jasa pembuatan website, namun pemilik website akan sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa pemrograman website  hal ini akan berguna untuk mengelola website bisnis sendiri nantinya. Dalam menentukan bahasa pemrograman pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga dapat mengembangkan bisnis yang Anda bangun.

3 Bahasa Pemrograman untuk Website Bisnis

Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang difungsikan untuk memerintah dan mengatur perangkat lunak komputer agar melakukan tugas tertentu. Bahasa pemrograman ini dibuat untuk membuat sistem di komputer. Jika Anda membuat website sendiri menggunakan bahasa pemrograman yang telah dikuasai, maka semua tampilan yang ada sesuai dengan kemauan Anda sendiri. Nah, berikut ini adalah 5 jenis bahasa pemrograman websiteyang bisa Anda pelajari:

1. Java

Javaworld.com

Java masih menjadi bahasa pemrograman paling populer yang digunakan. Bahasa pemrograman ini tergolong yang multifungsi. Tidak hanya dapat digunakan untuk membuat website, java juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi dan software. Menurut para pengguna, java ini lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa pemrograman yang lainnya.

2. PHP

Oranglembata.com

Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa script server-side untuk membuat suatu situs web. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. Keunggulannya yaitu dapat digunakan secara gratis dan bersifat Open Source.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, situs web yang Anda buat bisa menyesuaikan dengan tampilan konten sesuai yang Anda inginkan. Website yang dihasilkan tergolong website yang dinamis.

3. Python

Immersa-lab.com

Bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman yang multiguna dengan sintaks yang sederhana. Bahasa ini banyak digunakan untuk menulis aplikasi website. Google, Instagram, Youtube merupakan perusahaan yang menggunakan python sebagai bahasa pemrogramannya. Bagi para pemula, bahasa pemrograman ini tidaklah sulit untuk dipelajari, karena struktur sintaknya yang rapi. Jadi, bagi pemula yang ingin belajar coding, python dapat dijadikan pilihan yang paling tepat.

Modul Tambahan Bagi Bahasa Pemrograman Website

Bahasa pemrograman ini juga mampu memberikan kecepatan dan kualitas untuk membangun sebuah web. Hal ini didukung oleh adanya modul-modul baik standar maupun tambahan misalnya NumPy, SciPy, dan lain-lain.

Ruby

Vectorstock.com

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis berbasis skrip yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ruby menggabungkan semua kelebihan bahasa-bahasa pemrograman skrip lain yang ada di dunia. Ruby menggunakan struktur sintaks yang sederhana. Selain itu, Ruby juga mempunyai kelebihan lain yaitu memiliki exception handling yang baik, bahasa mengusung konsep single inheritance, serta bersifat Open Source.

JavaScript

Satukunci.com

Jenis bahasa pemrograman ini sangat berguna untuk membuat sebuah situs web baru. Javascript awalnya bernama Mocha, kemudian berubah menjadi LiveScript dan diganti kembali menjadi Javascript. Berbeda dengan Java, Javascript ini lebih fokus untuk membangun dan mengembangkan situs web online atau website. Javascript pada awalnya dibuat untuk berjalan di atas browser. Namun sekarang ini juga dapat digunakan pada Server, Game, IoT, Desktop, dan lain-lain. Penggunaan JavaScript menghasilkan tampilan situs web Anda menjadi semakin interaktif dan dinamis.

Demikian itu adalah 5 jenis bahasa pemrograman website yang dapat Anda pilih. Bahasa pemrograman terbaik adalah tergantung dari Anda sendiri yang memilihnya, karena masing-masing bahasa pemrograman memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakannya dengan benar dan tepat, maka bahasa pemrograman tersebut dapat menjadi yang terbaik sesuai keinginan Anda.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp