fbpx
  • 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Jenis CMS yang Dapat Dipakai untuk Keperluan Toko Online

Jenis CMS yang Dapat Dipakai untuk Keperluan Toko Online

Content Management System atau CMS merupakan sebuah alat atau perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membangun atau membuat website profesional. Terdapat beberapa jenis CMS yang bertujuan untuk mempermudah segala tujuan dalam mengelola konten dalam website, seperti upload, menambahkan, edit, dan lain-lain. Jika mempunyai aplikasi ini, kamu tak perlu memiliki kemampuan khusus yang bersifat teknis tentang bahasa pemrograman web.

Dan berikut ini terdapat beberapa jenis CMSyang umum dan sering digunakan orang-orang, terutama untuk keperluan bisnis online.

CMS WordPress

Yukiyagami.blogspot.com

CMS WordPress ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas menggunakan internet di dunia web atau blog. WordPress ini merupakan sebuah software CMS yang dikategorikan dalam jenis CMS untuk blog. Memang pada awalnya ini diperuntukkan untuk blog, namun kini WordPress juga banyak digunakan oleh para developer, dengan tujuan untuk membuat citra baik website yang dimiliki. Seperti halnya untuk membuat company profile hingga ke toko online-nya.

Kelebihannya, jenis CMS ini sangat user friendly sehingga memiliki fitur dan layanan yang cukup banyak pula. Dukungan berbagai komunitas pun sudah kian menyebar, karena CMS ini merupakan favorit bagi sebagian besar web developer yang ada.

CMS Drupal

Dicloud.id

Lalu selanjutnya ada CMS Drupal, yang mana perangkat lunak ini lebih bersifat open source. Bahkan hingga saat ini saja, telah banyak berbagai komunitas atau pengembang web, yang menggunakan dan merawat hal tersebut.

Sebagai informasi, jenis CMS ini dikembangkan menggunakan bahasa PHP, hingga mempunyai lisensi GPL. Untuk itu, Drupal juga sering ditemui pemasangannya pada beberapa jenis database seperti MySql, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan lain sebagainya.

Manfaat jika menggunakan jenis CMS yang satu ini yaitu, salah satunya untuk membangun berbagai halaman website, yang berangkat dengan membuat sebuah forum sederhana hingga komunitas yang lebih besar lagi. Dan perlu diingat pula bahwa Drupa ini memiliki modul tambahan yang menarik, seperti alat pencarian, search engine friendly URL.

CMS Joomla

En.wikipedia.org

Joomla ini memiliki lisensi GPL dan bersifat open source, sehingga sangat memungkinkan untuk mengalami pengembangan, yang biasanya akan dilakukan oleh pengembang web atau berbagai pihak komunitas lainnya. Jenis CMSyang satu ini dikembangkan dengan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Ada pula beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh CMS ini, yaitu sistem cache untuk meningkatkan performa, blogs, RSS, dan masih banyak lagi.

Joomla ini juga bisa digunakan dalam berbagai keperluan seperti untuk membuat company profile, website lembaga, bahkan untuk bisnis online. Antara fitur dan kegunaan Joomla ini sangat sejalan dan sesuai, dimana performanya yang tinggi bisa digunakan untuk membangun sebuah web yang powerful. Namun developer juga harus berhati-hati dalam menggunakan hal ini, karena adanya risiko situs kena hack.

CMS Opencart

Opensourcecms.com

Lalu selanjutnya ada jenis CMS Opencart, yang mana dikembangkan sengaja dengan tujuan lebih condong kepada urusan bisnis online. Jadi, CMS jenis ini bisa dipakai oleh para developer yang yang ingin membangun sebuah toko online. Untuk kelengkapannya sudah tak perlu diragukan lagi, karena Opencart memang dibangun khusus untuk dunia E-Commerce.

Itulah beberapa pembahasan mengenai berbagai jenis CMS yang ada saat ini, dan memang digunakan untuk keperluan bisnis online. Tentunya hal ini bisa menjadi rekomendasi buatmu. Semoga bermanfaat ya!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp