• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Kriteria Struktur Website yang Baik dalam SEO dan Disukai Google

Kriteria Struktur Website yang Baik dalam SEO dan Disukai Google

Situs website adalah sebuah tempat yang dapat diibaratkan sebagai rumah. Sama halnya dengan rumah yang selalu memberikan kenyamanan kepada penghuninya. Website tentunya juga harus memiliki struktur website yang baik agar nyaman saat dikunjungi oleh para pengunjung.

Mengapa struktur dan desain dari sebuah website terbilang sangat penting? Tentunya karena hal ini dapat berpengaruh terhadap search engine. Sebagai pemilik blog website, tentunya Anda ingin agar laman tersebut dapat diindeks dan muncul pada mesin pencari. Sebelum hal tersebut bisa terwujud, Anda harus membenahi struktur website atau blog itu terlebih dahulu. Dengan begitu, sebuah website bisa lebih nyaman dan enak untuk dikunjungi.

Aneka Kriteria Struktur Website yang Baik dalam SEO

Mengelola website yang baik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa kriteria struktur website yang baik agar disukai Google:

1. User Experience (Pengalaman Penggunaan)

Interaction-design.org

User Experience (UX) adalah bagaimana pengunjung melakukan interaksi dengan website Anda. Misalnya mulai dari bagaimana pengunjung website menghabiskan waktu di laman Anda, halaman-halaman apa saja yang mereka kunjungi, dan tautan apa saja yang mereka klik. Selain dari memiliki konten yang menarik, situs website yang mudah dioperasikan tentunya akan membuat pengunjung lebih betah dan bahkan akan berlama-lama di website Anda.

UX adalah semacam algoritmanya Google. Saat pengunjung berlama-lama di website Anda, tentunya Google akan menilai jika pengunjung tersebut mendapatkan user experience yang baik dan mendapatkan informasi apa yang diinginkannya. Berbeda keadaannya jika pengunjung tersebut hanya menghabiskan waktu sekejap di website Anda, tentunya pihak Google akan menilai bahwa para pengunjung tidak mendapatkan apa yang dicari. Artinya, para pengunjung tidak mendapatkan user experience yang baik.

Lantas bagaimana caranya agar pengunjung mendapatkan user experience yang baik? Hal pertama yang perlu Anda benahi adalah dengan perbaikan yang dimulai dari konten yang berisi informasi yang menarik dan inovatif. Struktur konten juga harus rapi agar pengunjung dapat membedakan antara subheading dan topik utama. Gunakan navigasi yang akan mempermudah pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Selain itu, jangan lupa untuk mendesain ulang halaman website agar memiliki tampilan yang menarik. Terakhir, website harus responsif atau mobile friendly, karena banyak pula pengunjung yang menggunakan smartphone saat berkunjung ke web Anda.

2. Layout Website yang User Friendly

Computersnationwide.com

Seperti prinsip desain pada umumnya, tata letak atau layout website Anda juga harus memiliki aturan dasar, seperti urutan informasi atau navigasi yang memudahkan pengunjung untuk menelusuri website Anda.

3. Tags

Sitechecker.pro

Gunakanlah Tags untuk mendongkrak Search Engine di website Anda. Hal ini bertujuan agar pengunjung yang datang akan lebih mudah mencerna informasi yang disediakan. Tags sendiri memiliki 3 urutan, mulai dari Title Tag, H Tag, dan juga Alt images tags.

4. Keywords

Searchenginewatch.com

Meletakan keywords yang tepat pada posisinya, tentu akan membuat semakin mudah dicari. Posisi peletakan keyword yang efektif adalah di paragraf utama, kemudian pada sub judul dan pada paragraf terakhir. Jangan terlalu banyak menggunakan keyword karena akan dianggap sebagai keywords stuffing.

5. Konten yang Komprehensif

Tuyulonline.com

Membuat konten yang komprehensif, artinya adalah lengkap dan tuntas, serta tidak ada yang tertinggal. Hindari untuk menambahkan penyajian kalimat yang tidak perlu.

6. Internal dan External Link

Atpsoftware.vn

Internal link adalah sebuah tautan yang menghubungkan antara laman dengan halaman yang lainnya yang terdapat pada website Anda. Hal ini berfungsi untuk menjembatani bagi Google Crawler. Kemudian untuk eksternal link adalah tautan yang menghubungkan situs web Anda dengan situs-situs web lainnya.

Demikian adalah beberapa kriteria struktur website yang baik. Saat website Anda memenuhi kriteria di atas, maka tentunya website Anda akan semakin layak untuk di indeks dan mudah dicari oleh mesin pencari. Tentunya, website Anda pun akan semakin mendapat pengunjung yang banyak.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu