• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Langkah-Langkah Membuat Website pada Perangkat Mobile

Langkah-Langkah Membuat Website pada Perangkat Mobile

Saat ini, memiliki sebuah website yang mobile friendly merupakan syarat mutlak. Perlu diketahui, bahwa sebagian besar pengunjung website adalah para pengguna smartphone. Pastinya sangat disayangkan apabila para pengunjung yang memakai smartphone tiba-tiba langsung menutup website disebabkan karena tampilan website tersebut tidak mudah untuk digunakan bagi mereka. Oleh karena itu, memahami cara membuat website pada perangkat mobile yang user friendly dan mudah digunakan menjadi hal penting untuk dilakukan.

3 Cara Membuat Website Pada Perangkat Mobile

Apa itu responsive design atau mobile friendly? Dalam hal ini, responsive berarti kemampuan website dalam menyesuaikan ukuran panjang website dengan ukuran panjang layar yang digunakan oleh para pengunjung. Dapat dikatakan responsive apabila tampilan website Anda dapat berubah ukuran menyesuaikan panjang layar smartphone. Hal ini tentu saja akan mempermudah pengunjung untuk melihat tampilan website secara keseluruhan dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat website pada perangkat mobile yang responsive. Setidaknya, ada tiga cara utama, yaitu menggunakan platform konversi, mobile plugins di platform CMS populer, serta menggunakan Desain Responsif yang Mobile-First.

1. Menggunakan Platform Konversi

Webhostingmedia.net

Cara pertama membuat website pada perangkat mobile adalah dengan menggunakan Platform Konversi. Platform konversi sendiri merupakan salah satu cara tercepat untuk menjadikan situs website menjadi lebih mobile friendly. Versi seluler situs website Anda dapat dibuat dengan menggunakan platform konversi terpopuler, seperti DudaMobile atau bmobilized.

Sayangnya, cara ini memiliki sedikit kekurangan, yaitu Anda terpaksa harus memiliki dua situs website yang terpisah. Tentunya, cukup sulit untuk memperbarui dua situs web dalam waktu bersamaan. Selain itu, pengguna juga mungkin akan merasa frustasi saat menemukan konten menarik di website desktop Anda, tetapi tidak menemukannya saat mereka membukanya menggunakan versi mobile atau sebaliknya.

2. Menggunakan Mobile Plugins di CMS Populer

Badoystudio.com

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan Mobile Plugins di Platform CMS Populer. Nah, beberapa sistem pengelolaan konten situs website yang paling populer di antaranya adalah Joomla, Wptouch, wordpress, Jetpack, dan Drupal. Ketiganya mempunyai solusi yang cepat untuk membantu situs Anda menjadi mobile friendly tanpa perlu membuat dua versi terpisah.

3. Menggunakan Teknik Mendesain yang Mobile-First

Awwwards.com

Menggunakan desain responsif yang mobile-first tentunya akan memberikan pengalaman terbaik pada tampilan seluler yang akan menyempurnakan desain dan fungsi situs itu sendiri. Menggunakan plugin desain situs website yang mobile friendly, memberikan fakta bahwa Anda dapat menghadirkan pengalaman terbaik yang konsisten bagi para pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

Bukan hanya itu saja, desain responsif juga akan memastikan bahwa situs web Anda sesuai dengan panjang atau ukuran layar di berbagai jenis perangkat. Tidak peduli seberapa ukuran dari perangkat yang pengunjung gunakan, baik tablet atau smartphone bisa membaca tampilan web Anda sesuai dan konsisten dengan versi desktop.

Setiap pilihan di atas tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan. Semua pilihan ada di tangan Anda. Meski memiliki beberapa kekurangan, namun membuat website pada perangkat mobile yang responsif merupakan sebuah kewajiban. Kecuali jika Anda ingin pengunjung merasa kecewa dengan tampilan desain website Anda yang kurang mobile friendly. Yuk, segera update website Anda menjadi mobile friendly!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp