• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Memahami Jenis Elemen-Elemen Dasar Website Perusahaan

Memahami Jenis Elemen-Elemen Dasar Website Perusahaan

Baik disadari atau tidak, desain website merupakan perjumpaan pertama kali antara pembaca dengan suatu website yang dituju. Semakin menarik desain suatu website, maka bisa memberikan kesan pada para pembaca dan konten yang diberikan akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk sampai kepada para pembaca. Begitu pun dengan jasa atau produk yang sedang dijual. Desain website, sebenarnya sama halnya seperti sebuah fashion. Selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Tetapi, jenis elemen-elemen esensial yang terkandung di dalamnya tidaklah banyak berubah. Lalu, apa saja elemen dasar website yang umumnya selalu ada dalam suatu website?

Aneka Elemen Dasar yang Wajib Ada Pada Website Perusahaan

Elemen desain sebuah website bukan hanya elok dipandang saja, tetapi juga harus memudahkan para pembaca dan Google Crawler saat menjelajahi website Anda. Dengan kata lain, elemen dasar website perusahaan harus bisa meningkatkan User Experience (UX), sehingga semakin meningkatkan jumlah calon konsumen yang akan menggunakan jasa atau produk yang Anda jual. Nah, berikut ini adalah beberapa elemen dasar yang wajib ada pada website perusahaan:

1. Layout

Codepolitan.com

Dalam membuat layout situs website perusahaan, hendaklah untuk mempertimbangkan letak penyusunan elemen yang memudahkan para pengunjung untuk mengerti aliran informasi pada website tersebut. Pastikan Anda memperhatikan keseimbangan layout secara menyeluruh. Jangan sampai layout yang dibuat terlalu rumit dan membuat pembaca kesulitan untuk mengikuti alurnya.

2. Navigasi

Roketseo.co.id

Dalam sebuah website, navigasi diibaratkan seperti petunjuk jalan atau denah yang akan memudahkan pembaca dalam mencari kategori produk atau konten apa pun yang mereka butuhkan. Untuk itu, pastikan website yang Anda buat harus memiliki navigasi dan letakkan di tempat yang cukup mudah ditemukan oleh pembaca. Selain itu, pilih bentuk navigasi yang mudah dipakai, sehingga para pembaca akan betah tinggal berlama-lama di situs website perusahaan Anda.

3. Tombol ‘Search’

Medium.com

Bagi para pembaca, tentu tidak ada hal yang lebih menyebalkan dibandingkan saat mengunjungi situs web ternyata tidak ada tombol ‘search’ di dalamnya. Anda tidak pernah tahu apa yang sebenarnya ingin ditemukan oleh para pembaca ketika berkunjung ke situs website Anda. Kategori, navigasi, dan label hanya menjadi opsi yang Anda berikan. Sementara itu, tombol search merupakan bentuk kebebasan untuk para pembaca.

Pembaca tentu tidak memiliki banyak waktu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan membuka konten satu per satu. Dengan tersedianya tombol search, maka pembaca akan segera mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cepat.

4. Kontak Info

Mockplus.com

Klien atau pembaca tentu harus tahu dengan jelas apakah situs mereka dikunjungi adalah benar dikelola oleh sebuah perusahaan asli, dan bukan fiktif. Untuk itu, laman kontak sangat dibutuhkan oleh para pembaca untuk bisa mengenal perusahaan Anda lebih jauh lagi. Kontak info juga akan mempermudah pengunjung untuk menghubungi Anda. Dengan adanya kontak info, maka Anda bisa menjalin hubungan lebih dekat dengan para pengunjung atau pelanggan.

5. Halaman ‘About Me’

Jurnalweb.com

Adanya laman ‘about me/us’ ternyata memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah memperkenalkan profil perusahaan Anda, memperkenalkan produk atau jasa yang Anda jual, menjelaskan lebih spesifik mengenai bidang yang Anda tekuni, membangun engagement dengan para pembaca.

Apa pun jenis template dan CMS yang Anda gunakan, desain atau tampilan website tetap menjadi impresi pertama yang menunjukkan siapa Anda, berapa nilai profesionalitas bisnis Anda, dan sejauh mana pengetahuan Anda mengenai dunia teknologi. Maka dari itu, pastikan Anda membangun website bisnis perusahaan yang memuat elemen dasar website paling dibutuhkan oleh pengunjung. Dengan begitu, maka para pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama mengunjungi website Anda.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu