• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Mengenal fitur-fitur dasar wordpress

Mengenal fitur-fitur dasar wordpress

WordPress adalah sebuah platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat website sendiri. WordPress memiliki beberapa fitur yang dapat kamu gunakan, sehingga memudahkanmu dalam membuat sebuah website. Di artikel ini akan kami bahas mengenai fitur-fitur dasar wordpress. Sebelum mengetahui lebih dalam, kita pahami halaman dashboard utama wordpress lebih dahulu.

Dashboard adalah layar utama dari wordpress yang ditampilkan ketika anda login ke wordpress. Dashboard berisikan gambaran umum keseluruhan website. Dashboard terdiri dari 3 bagian,

Toolbar atas. 

Berisi shortcut yang dapat digunakan selama pembuatan website, biasanya berisi shortcut untuk navigasi untuk membuat post baru, mengelola akun, dan akses website.

Menu utama sidebar.

Disini berisi beberapa link yang terhubung ke keseluruhan fitur wordpress. Menu-menu tersebut antara lain :

  1. Posts, Di menu ini berisi fitur-fitur yang digunakan untuk mengelola artikel. Di menu ini kamu bisa melihat semua pos/artikel, menambah artikel, menambah kategori, dan tag.
  2. Media, Menu media merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola file-file berupa gambar, atau video yang ada di website.
  3. Pages, Ketika anda ingin memiliki beberapa halaman, Menu Pages ini digunakan untuk membuat halaman-halaman lainnya seperti halaman kontak, disclaimer dan lainnya.
  4. Comments, Di menu ini digunakan untuk menampilkan semua komentar yang ada pada website.
  5. Appearance, di menu ini kamu bisa memodifikasi tampilan blog seperti menagtur tema, mengatur layout dan menu.
  6. Plugins, Menu ini berfungsi untuk mengatur plugin yang ada atau menambah baru.
  7. User, menu ini digunakan untuk menambahkan user baru atau admin baru
  8. Tools, Menu ini berfungsi untuk impor dan ekspor blog wordpress. Di menu ini kita bisa mengimpor konten dari sumber lain seperti import konten dari blogspot, dsb. Dan juga untuk mengekspor website menjadi xml.
  9. Settings, Menu ini berisi pengaturan-pengaturan umum website, seperti mengatur tagline blog, mengatur default kategori, dan mengatur ukuran default thumbnail gambar.

Area kerja utama (main work area)

di menu ini adalah ruang kerja kamu ketika kamu membuka setiap menu yang ada di sidebar.

Jadi, sebelum kamu membuat websitemu lebih lanjut, alangkah baiknya pahami dulu ya fitur-fitur dasar dari wordpress. Semoga dengan membaca artikel kami, kamu lebih mengenal dengan fitur-fitur yang tersedia dihalaman dashboard WordPress Anda.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu