• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Pahami Fungsi SSL pada Website Bisnis agar SEO Friendly

Pahami Fungsi SSL pada Website Bisnis agar SEO Friendly

Salah satu faktor terpenting dalam menjelajahi website adalah keamanan. Sejak dahulu, internet selalu diasumsikan dengan dunia digital yang luas. Artinya, setiap pengguna wajib berhati-hati karena hanya ada sedikit pilihan perangkat yang dapat  menjamin keamanan akses. Beruntungnya, saat ini ada SSL yang siap membantu menyingkirkan kekhawatiran kita sebagai pengguna website. Lantas, apa saja fungsi SSL pada website? Yuk, simak jawabannya!

Kenal dan Pahami Aneka Fungsi SSL pada Website Bisnis

Secure Sockets Layer atau lebih dikenal dengan istilah SSL, merupakan sebuah protokol keamanan yang memakai enkripsi modern dalam menerima atau mengirim informasi penting ke semua penjuru internet. SSL akan membuat channel yang aman di antara server website dengan pengguna browser yang terhubung.

Penggunaan dari SSL sangat penting dan bermanfaat bagi end user atau pun bagi pemilik website. Perlu Anda ketahui, bahwa saat ini mulai banyak pengguna yang semakin peduli akan pentingnya keamanan sebuah internet. Itu artinya, SSL menawarkan serta menyediakan berbagai kelebihan yang sangat baik untuk dunia website modern di mana pun.

1. SSL Membuat Tampilan Web Lebih Profesional

Techprevue.com

Nah, fungsi SSL yang pertama adalah membantu website memiliki tampilan yang lebih profesional. Para pelaku bisnis tentunya mengetahui apa saja yang dapat menjadi kekhawatiran para pengguna website berkaitan dengan hal privasi digital. Maka dari itu, pelaku bisnis ingin pelanggan tahu bahwa situs mereka telah terlindungi. SSL menjadi cara terbaik untuk menyatakan bahwa platform website Anda aman dan terlindungi. Selain itu, SSL juga dapat memberikan tampilan profesional pada situs web mana saja yang menggunakannya.

Sertifikat SSL sangat penting untuk website e-commerce dengan tipe bisnis yang membutuhkan informasi penting serta sensitif, misalnya rincian kartu kredit. Payment Card Industry (PCI) yang standard mewajibkan pembayaran online dilakukan melalui SSL yang setidaknya memiliki 128 bit enkripsi. Sebisa mungkin, enkripsi ini akan mengamankan transaksi online yang merupakan iklan yang sangat baik bagi brand bisnis Anda.

2. SSL Mampu Mengenkripsi Informasi

Kinsta.com

Sementara itu, fungsi kedua dari SSL adalah Mengenkripsi informasi. Ya, alasan utama menggunakan sertifikat SSL sangat direkomendasikan adalah karena tingkat keamanan berlapis yang ditawarkan. SSL memberikan jaminan bahwa setiap data yang ditukar oleh pengguna browser dan situs web yang telah mengaktifkan SSL akan dilindungi oleh sebuah teknik enkripsi yang paling mutakhir. Hal ini bertujuan untuk mencegah pencurian data yang mungkin saja bisa dilakukan oleh pihak tidak diinginkan.

3. Website dengan SSL Akan Lebih Disukai Google

Jos.co.id

Fungsi yang ketiga adalah SSL akan membuat website lebih disukai oleh Google. Ya, perlu Anda ketahui bahwa Google ternyata suka dengan situs web yang memakai SSL. Banyak perusahaan yang menghabiskan banyak uang untuk melakukan optimasi SEO tanpa menyadari jika dengan mengaktifkan sertifikat SSL saja mereka sudah bisa menaikkan ranking web di Google Search. Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini, website dengan SSL yang diaktifkan akan mendapatkan ranking lebih tinggi pada mesin pencari Google Search dibandingkan website yang tidak memiliki SSL.

Meski Google juga akan mempertimbangkan faktor lainnya dalam menaikkan ranking sebuah website, misalnya kualitas konten. Namun, ternyata tetap saja bahwa penggunaan SSL menjadi cara terbaik yang akan menyamai usaha Anda dalam mencapai website yang SEO Friendly. Demikian itulah fungsi SSL pada website. Mengingat bahwa fungsinya sangat banyak, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menggunakannya.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp