• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Panduan Lengkap Cara Maintenance Website Cepat dan Mudah

Panduan Lengkap Cara Maintenance Website Cepat dan Mudah

Keuntungan media online adalah memiliki kemampuan untuk memperbaharui, memodifikasi, serta memperbaiki konten kapan saja dan tentunya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bagi Anda yang mengelola sebuah website, tentunya sangat disarankan untuk selalu menjaga situs tersebut agar tetap mudah diakses dan relevan dengan tren terkini setelah melewati beberapa waktu dari pertama kali peluncuran. Proses ini lebih dikenal dengan istilah maintenance website. Lantas, bagaimana cara maintenance website yang baik dan benar?

5 Cara Maintenance Website yang Bisa Anda Coba

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk maintenance website Anda:

1. Uji Kompatibilitas Browser

Searchboxseo.com

Anda harus memastikan bahwa semua bagian website Anda  dapat berjalan dengan benar dan lancar pada berbagai jenis browser. Oleh karena itu, hal ini menjadi tugas rutin dalam maintenance website Anda. 

Jangan lupa untuk selalu menguji website secara teratur menggunakan sistem operasi yang berbeda setelah Anda melakukan perubahan  kode serta isinya. Baik pada sistem operasi Firefox, IE, Chrome , Opera, dan Safari.  

2. Pastikan Konten Mudah Diperbarui dan Selalu Rapi

Codeias.com

Saat website memiliki ratusan halaman konten, terkadang ada bagian konten yang sudah ketinggalan zaman. Untuk itulah Anda harus rutin memeriksa isi statis dari website yang membutuhkan koreksi dan update saat maintenance. 

Namun, beberapa konten mungkin tidak butuh diperbarui, misalnya konten berita. Nah, untuk website dengan konten artikel yang semacam itu, maka dapat dibiarkan dalam jangka waktu lama hingga usang. Solusi terbaik untuk mengatasi konten tersebut yaitu dengan memasukkannya pada kategori-kategori khusus.

3. Validasi dan Evaluasi Kode Sesuai Web Standards

Fullestop.com

Pada umumnya, proses maintenance juga dilakukan untuk validasi halaman website. Hal ini terutama perlu dilakukan setelah Anda menambah atau memperbarui konten website. Nah, validasi yang dilakukan meliputi optimasi kode styling CSS, markup HTML, dan memperbaiki kode javascript.

4. Tingkatkan Aksesibilitas

Jpg&imgrefurl=https

Setelah Anda melakukan validasi markup  menggunakan teknik yang benar saat  mengembangkan website, maka konten yang ada pada website Anda mungkin dapat diakses oleh pengunjung yang memakai teknologi bantu, misalnya screen reader. 

Namun, sebuah konten yang terus diupdate ternyata dapat mempengaruhinya, sehingga evaluasi terhadap aksesibilitas website harus disertakan pada rutinitas dan jadwal maintenance. Anda juga harus tetap menguji website menggunakan mobile browser dan platform terkini, misalnya Safari di IOS dan Chrome di Android.

5. Tingkatkan SEO

Markey.id

Menggunakan Kode semantik yang terstruktur baik tentunya akan memberikan banyak manfaat pada SEO secara otomatis. Bahkan, sekalipun jika Anda hanya memakai teknik optimasi biasa.  Seiring berjalannya waktu, kombinasi dari aneka metode optimasi tentunya semakin bisa meningkatkan peringkat website atau situs Anda.

Pada umumnya, optimasi SEO secara on site dapat dilakukan dengan cara melakukan perbaikan deskripsi meta, frase kata kunci, serta tag title. Hal ini harus rutin dilakukan secara teratur seiring berkembangnya website Anda. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengoptimalkan struktur link internal serta judul halaman websitenya.

Itulah beberapa panduan cara maintenance website secara mudah dan bisa Anda lakukan pada website yang Anda miliki. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka website Anda akan selalu update dan tidak ketinggalan zaman. Maintenance website merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika pengembangan website tidak dijadwal secara rutin, pastinya website Anda akan semakin usang atau bahkan rentang terhadap kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka jangan sampai Anda melewatkan rutinitas untuk maintenance website, sehingga situs website Anda akan selalu sehat dan dipadati oleh banyak pengunjung.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp