• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Panduan Lengkap Cara Pembuatan Website E-Commerce

Panduan Lengkap Cara Pembuatan Website E-Commerce

Membuat situs website untuk toko online merupakan sebuah strategi bisnis yang sangat jitu dan wajib dilakukan bagi para pemilik bisnis. Mengapa? Sebab, sebagian besar masyarakat Indonesia telah beralih ke sistem belanja online dibandingkan dengan belanja di toko offline. Mungkin banyak orang mengira bahwa cara pembuatan website E-commerce cukup sulit dilakukan, padahal sebetulnya sangat mudah. Sejak adanya teknik content management system (CMS), maka membuat toko online dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit saja. Sangat cepat bukan? Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Tutorial Cara Pembuatan Website E-Commerce

Berikut ini adalah langkah-langkah cara pembuatan website E-commerce yang bisa dipelajari dan dipraktekkan dengan mudah:

1. Pesan Domain dan Hosting

Docs.woocommerce.com

Domain merupakan nama alamat website di internet. Sementara itu, hosting diartikan sebagai tempat penyimpanan semua file website di simpan. Dalam hal ini, pastikan Anda memakai nama domain yang unik serta mudah diingat.

2. Instalasi Website

Docs.woocommerce.com

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah instalasi beberapa program penting yang dibutuhkan. Nah, beberapa program yang dibutuhkan dalam pembuatan toko online di antaranya adalah plugin WooCommerce, WordPress, dan install tema. 

Setelah proses instalasi WooCommerce selesai dilakukan, selanjutnya Anda harus menginstal tema khusus yang cocok dengan tema toko online yang ingin Anda bangun. Tentunya, ada banyak sekali template toko online yang bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk mendapatkan template tersebut, silahkan silakan ketik nama template yang ingin Anda gunakan pada kolom pencarian.

3. Setting Website

Pimcore.com

Setting website dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu setting, lalu klik ‘general’. Lalu, pada bagian ‘Site Title’ silakan Anda masukkan nama toko online yang ingin Anda bangun. Sementara pada bagian ‘Tagline’ silahkan tuliskan deskripsi singkat tentang toko online Anda. Terakhir, tekan tombol ‘save settings’.

4. Plugin WooCommerce

Woocommerce.com

Anda perlu mengatur WooCommerce pada website toko online yang Anda buat. Caranya dengan klik ‘Run the setup wizard’. Lalu, isi secara lengkap mengenai jenis produk yang Anda jual, alamat lengkap toko online Anda, hingga mata uang yang digunakan. Dan. Tentukan jenis pembayaran yang bisa Anda terima. Jika Anda ketentuan tarif ongkos kirim, silahkan Anda masukkan rincian biaya ongkos kirim ke berbagai daerah pada ‘shipping method’. 

5. Tampilkan Produk

Jurnal.id

Setelah proses plugins WooCommerce selesai dilakukan, Anda bisa lanjut ke proses selanjutnya, yaitu menampilkan produk-produk yang ingin Anda jual. Caranya yaitu dengan memilih menu ‘Products’, lalu klik ‘Add New’.

Agar setiap produk yang Anda jual semakin menarik hati calon pembeli, maka pastikan Anda menampilkan gambar produk tersebut.  Caranya dengan masuk ke menu ‘Products’, lalu pilih ‘Categories’. Selanjutnya, pilih gambar terbaik pada masing-masing kategori produk yang ingin Anda tampilkan.

Itulah 5 langkah mudah membuat website toko online. Sangat mudah bukan? Selain kelima hal di atas, Anda juga perlu mementingkan setting halaman utama. Seperti kita tahu bahwa halaman utama menjadi halaman utama yang akan ditampilkan ke pengunjung. Maka dari itu, halaman utama harus memiliki tampilan yang mempesona agar membuat pengunjung jatuh cinta. Pada halaman pertama, Anda juga wajib menambahkan informasi nomor kontak serta info cara melakukan pemesanan.

Satu hal lagi yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan, yaitu melakukan verifikasi website toko online Anda ke Google Webmaster serta Bing Webmaster. Tujuannya adalah supaya toko dan produk Anda bisa mudah masuk ke daftar index mesin pencarian. Dengan begitu, maka jumlah pengunjung website online Anda akan semakin banyak. Demikian itulah cara pembuatan website E-commerceyang bisa Anda tiru dan terapkan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu