• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Panduan Lengkap Cara Redirect Link Website Dijamin Berhasil

Panduan Lengkap Cara Redirect Link Website Dijamin Berhasil

Bagi para blogger, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Redirect Link Website’. Proses pengalihan URL memang tidak jauh-jauh dari aktivitas pada blogger. Namun, bagi para blogger baru, mungkin akan mengalami kebingungan bagaimana cara redirect link website. Untuk itu, maka sangat penting bagi para pemilik blog atau website untuk membaca panduan berikut hingga selesai.

Cara Redirect Link Website Paling Mudah dan Dijamin Berhasil 100%

1. Langkah 1: Login pada cPanel

Toshost.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan login terlebih dahulu ke cPanel website.

2. Langkah 2: Temukan Fitur Redirects

Idcloudhost.com

Jika sudah berhasil login, selanjutnya langsung saja menuju kolom pencarian yang berada di bagian atas halaman cPanel. Kemudian, masukkan kata kunci ‘redirects’ di kolom tersebut. Lalu, klik menu ‘Redirects’ pada kolom ‘Domains’.

3. Langkah 3: Pilih Type Redirects

Namecheap.com

Apabila sudah klik tombol ‘Redirects’ , maka selanjutnya akan diarahkan pada tampilan utama Redirects. Jika sudah berada di tampilan utama Redirects, maka bisa memulai untuk pengaturan  Type Redirects. Setidaknya, terdapat 2 (dua) pilihan , yaitu:

Permanent 

Pilihan ini akan memberikan informasi kepada mesin pencari serta semua pengunjung, bahwa situs URL sudah diubah secara permanen . Setelah para pengunjung dialihkan, kemudian situs baru mengakses URL tersebut.

Temporary

Pilihan ini akan memberitahu mesin pencari atau browser bahwa URL telah diubah. Tetapi, sebelum mengalihkan pengunjung atau pengguna ke URL baru, sebelumnya browser akan memuat URL lama terlebih dulu.

4. Langkah 4: Pengaktifan Redirect URL

Niagahoster.co.id

Setelah berhasil menerapkan salah satu dari dua pilihan diatas, kini saatnya untuk lanjut ke bagian selanjutnya, yaitu mengisi kolom di pengaturan guna untuk mengaktifkan  Redirect URL. Pada halaman ini, silahkan masukkan subfolder website yang ingin dialihkan ke website lain secara manual. Pada kolom ‘Redirects to’, silahkan masukkan alamat situs tujuan untuk pengalihan URL.

Selanjutnya, kita harus memilih jenis pengalihan URL yang diinginkan. Beberapa pilihan yang ada, yaitu pengalihan URL dengan www atau pengalihan URL tanpa www. Pastikan untuk membaca petunjuk yang tertera pada halaman pemilihan jenis pengalihan URL. Jangan sampai salah memilihnya.

Setelah mengikuti langkah-langkah yang diminta pada halaman tersebut dengan baik, maka selanjutnya silahkan klik tombol ‘Add’. Dan setelah itu berhasil! Permintaan pengalihan URL akan segera disubmit dan juga segera aktif.

5. Langkah 5: Cek! Apakah pengalihan URL telah aktif?

Hostinger.co.id

Setelah selesai melakukan proses submit pengalihan URL, kini saatnya untuk mencoba. Silahkan masuk ke URL yang sudah dibuat untuk dialihkan, lalu tunggu saja hasilnya. Apabila URL tersebut langsung beralih ke URL tujuan, maka selamat! Proses tersebut telah berhasil. Artinya, pengalihan URL telah aktif dan berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Sebaliknya, apabila URL  tidak berfungsi mestinya, maka silahkan untuk melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  • Bersihkan semua cache browser. Biasanya, browser masih menampilkan konten-konten cache lama pada website apabila proses pengalihan URL belum berhasil ditambahkan.
  • Cobalah untuk mengecek pengalihan URL dengan memakai browser yang berbeda.
  • Lakukan pengecekan apakah website sudah bisa mengarah ke hosting secara benar? Periksa semua pesan peringatan menggunakan tools yang disediakan.

Jika setelah cek pengalihan URL masih tidak berfungsi, sebaiknya coba untuk menghapusnya secara menyeluruh, lalu mulai lagi untuk menambahkannya dari awal. Caranya, yaitu dengan memilih tombol ‘Delete’pada bagian menu ‘Actions’.

Jadi, jika mengalami error atau kesalahan saat melakukan Redirect URL, maka silahkan hapus pengalihan URL terlebih dahulu, lalu menambahkannya kembali hingga pengalihan URL benar-benar berhasil dan berfungsi. Sebaiknya, juga jangan hanya terpaku dengan langkah-langkah pada tutorial ini. Silahkan kombinasikan dengan cara redirect link websitelainnya agar cepat berhasil. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp