fbpx
  • 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Pengertian DNS Server dan Fungsinya untuk Website

Pengertian DNS Server dan Fungsinya untuk Website

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa peran website saat ini tergolong sangat besar bagi kehidupan sehari-hari. Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang setiap harinya. Nah, salah satu elemen yang penting untuk sebuah website adalah keberadaan DNS server. Lalu, apa pengertian DNS server itu?

Pengertian DNS Server

Markey.id

DNS atau Domain Name System server merupakan server yang mampu melayani permintaan klien untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain. Semisal kamu ingin mengakses facebook.com maka server DNS akan mencari alamat dari Facebook supaya komputer bisa terhubung dengan Facebook. Biasanya untuk menggunakan server DNS, kamu perlu untuk memasukkan alamat dari server tersebut dalam pengaturan IP Address yang ada di komputer atau PC.

Biasanya provider-providerinternet sudah menyediakan alamat DNS serveryang bisa digunakan. Apabila kamu menggunakan router, kamu bisa membuat DNSserver sendiri dan alamatnya bisa digunakan sebagai DNS di komputer. Namun, yang berperan dalam pencarian alamat IP tetaplah DNS server yang dimiliki oleh sebuah provider.

Ketika alamat IP dari sebuah website telah diketahui, komputer akan melakukan cache DNS. Saat komputer telah tahu alamat dari sebuah website, maka komputer akan mengingatnya. Sehingga, saat kamu ingin mengaksesnya lagi tidak perlu melakukan pencarian alamat IPwebsite lagi. Setelah, mengetahui pengertian DNS server, kamu juga perlu untuk mengetahui apa saja fungsi dari DNS ini.

Fungsi DNS Server

Mediaclick.com.tr

Selain pemahaman akan apa itu DNS server, kamu juga perlu tahu akan fungsinya agar lebih maksimal dalam penggunaannya. Fungsi dari DNS server ini adalah sebagai database server yang menyimpan alamat IP yang kemudian digunakan untuk penamaan sebuah hostname. Jadi, saat kamu mengetik google.com maka DNS server akan menerjemahkan ke IP address dan menghubungkan ke google dengan hasil akhir tampillah google.com di layar pencarian.

Komponen DNS Server

Registracijadomene.si

Setelah mengetahui pengertian DNS server dan fungsinya, hal selanjutnya yang harus diketahui adalah tiga komponen utama DNSserver.

DNS Resolver

Merupakan klien atau komputer pengguna, pihak yang membuat permintaan DNS dari suatu program dalam aplikasi.

Recursive DNS Server

Setelah pengertian DNS server dan fungsinya, pengertian komponen DNS server yang kedua Yaitu pihak yang melakukan pencarian melalui DNS berdasarkan permintaan klien atau revolver, kemudian memberikan jawaban pada klien.

Authoritative DNS Server

Adalah pihak yang memberikan respons setelah komponen kedua bekerja. Respons bisa berupa jawaban atau delegasi ke DNS server yang lain.

Cara Kerja DNS Server

Masfadli.com

Setelah pengertian DNS server, fungsi dan komponennya. Kamu pun perlu memahami cara kerjanya yang sedikit banyak bakal memberikan keuntungan untukmu. Dalam menjalankan tugasnya, DNS server membutuhkan program klien yang bernama resolver untuk menghubungkan setiap komputer pengguna dengan server DNS.

Program resolver di sini adalah web browser dan email client. Jadi untuk bisa terhubung ke server DNS kamu perlu untuk menginstal web browser atau email client terlebih dahulu. Untuk memudahkanmu memahaminya, berikut cara kerja DNS server secara garis besar.

Mari kita bahas cara kerja DNSserver menurut pemahaman pengertian DNS server. Klien atau resolver mengirimkan permintaan ke serverberupa queries kemudian name server akan merespons dengan memeriksa lokal database yang dimiliki. Apabila queries tidak ditemukan, maka name server akan menghubungi name server lainnya dengan mengirimkan queries sebelumnya. Apabila permintaan tidak berhasil ditangani, maka name server akan mengirimkan pesan failure ke klien. Nah, proses kerja ini disebut dengan forward lookup query di mana permintaan klien diproses dengan cara memetakan nama komputerisasi atau host ke bentuk alamat IP.

Dari pengertian DNS server bisa diambil kesimpulan yang mudah mengenai cara kerja DNS server yang saling berkaitan antara PC satu dengan PC lainnya dalam satu jaringan server. Itulah sedikitnya tentang DNS server yang patut diketahui.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp