• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Penjelasan Lengkap Cara Mengganti Template Website di cPanel

Penjelasan Lengkap Cara Mengganti Template Website di cPanel

Control panel atau yang biasa disebut cPanel merupakan halaman control linux dengan tombol automasi dan tampilan grafis yang mempermudah pengaturan website pada hosting. Dengan menggunakan cPanel, seorang pemilik website bisa melakukan berbagai hal mulai dari management data, pengaturan-pengaturan, dan aktivitas lainnya. Pengaturan yang dilakukan di cPanel juga termasuk proses untuk mengubah template atau theme website yang dimiliki agar tampil lebih menarik. Ya, salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh WordPress adalah kemudahan bagi penggunanya untuk mengganti template. Lalu, bagaimana cara mengganti template website di cPanel?

Cara Mengganti Template Website di cPanel

Setidaknya, ada dua cara untuk mengganti tema template WordPress dari cPanel. Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Cara Menginstal Template WordPress melalui Dashboard

Malasngoding.com

Jika Anda ingin mengganti template WordPress dengan versi gratis, maka dapat melalui dashboard secara langsung. Bagaimana caranya? Pertama, silahkan login ke admin area WordPress. Selanjutnya, pilih menu ‘Appearance’. Lalu, klik ‘Themes’  dan pilih ‘Add New’. Jika sudah, silahkan pilih tema atau template yang ingin diinstal. Untuk mempermudah Anda mendapatkan template yang diinginkan, maka bisa mencarinya melalui kolom pencarian.

Jika template yang diinginkan sudah ditemukan, langsung saja klik Install. Ingat, jangan lupa untuk mengaktifkannya. Tunggu beberapa saat hingga proses install selesai. Setelah proses install selesai, silahkan aktifkan template dengan cara menekan tombol ‘Activate’. Setelah melewati langkah ini, maka template Anda akan berubah sesuai tampilan template yang tadi Anda inginkan. Anda bisa mengeceknya dengan mengakses domain Anda.

2. Cara Instal template WordPress dengan Upload File .zip

Pixelemu.com

Selain melakukan instalasi langsung melalui dashboard, cara mengganti template website di cPanel juga bisa dengan menginstal template dalam bentuk file .zip. Cara ini berguna jika Anda ingin mengganti template WordPress menggunakan versi berbayar. Sejauh ini, daftar template yang tersedia di dashboard  hanya untuk versi gratis saja. Maka dari itu, bila Anda ingin menginstal template berbayar maka perlu mengunggah sendiri dalam bentuk file .zip.

Penting, Anda harus memastikan bahwa template yang akan diinstal adalah berasal dari sumber yang terpercaya. Sangat tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakan template bajakan. Tentu saja karena sangat rawan terhadap keamanan, misalnya sangat rawan terkena virus malware.

Silakan unduh template yang Anda inginkan. Jika file .zip telah selesai di unduh, Anda bisa langsung mengunggahnya melalui dashboard WordPress. Caranya adalah dengan klik menu ‘Appearance’, lalu pilih ‘Themes’ dan klik ‘Add New’. Selanjutnya, klik tombol ‘Upload Theme’ lalu pilih Browse. Silahkan pilih template yang sebelumnya telah Anda unduh dalam bentuk file .zip. Selanjutnya, klik ‘Install Now’.

Docs.udesly.com

Butuh beberapa saat untuk menyelesaikan proses instalasi. Jika instalasi sudah selesai, segera aktifkan template tersebut dengan menekan tombol ‘Activate’. Setelah melewati langkah ini, maka proses mengganti template WordPress telah berhasil dilakukan. Tampilan website WordPress Anda pun telah berubah dengan tampilan yang baru.

Itulah cara mengganti template website di cPanel baik melalui dashboard atau menggunakan file .zip. Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Setelah mengetahui langkah-langkah mudah untuk mengganti template website, maka kini Anda tidak perlu bingung jika merasa bosan dengan tampilan lama website Anda. Cukup dengan mengikuti cara-cara di atas, maka tampilan atau template website Anda akan berubah menjadi lebih menarik. Aktivitas dengan menggunakan website pun menjadi semakin seru dan tidak membosankan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu