• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Sering Bingung Apa Bedanya Website dan Blog? Berikut Penjelasannya

Sering Bingung Apa Bedanya Website dan Blog? Berikut Penjelasannya

Apakah Anda baru saja mulai membuat website atau blog? Beberapa dari Anda mungkin masih ada yang belum mengerti apa bedanya website dan blog, sehingga seringkali bingung untuk menentukan jenis platform yang pas untuk Anda. Lalu, sebenarnya apa sih perbedaan antara website dengan blog? Anda sangat perlu memahami perbedaan keduanya agar bisa menentukan jenis platform mana yang paling cocok dan pas dengan kebutuhan Anda.

Inilah Bedanya Website dan Blog

Jika hanya dilihat sekilas saja, website dan blog memang terlihat mirip. Namun, ternyata keduanya memiliki banyak sekali perbedaan. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang bedanya website dan blog yang wajib diketahui:

1. Konten

Dynomapper.com

Dari segi isi konten, website dan blog umumnya sudah sangat berbeda. Konten blog biasanya berisi tentang artikel, podcast, atau video tentang beberapa topik yang diminati oleh pemilik blog itu sendiri. Kebanyakan konten blog biasanya juga menceritakan opini, pengalaman, hingga aktivitas pemilik blog. Jadi, Anda bisa menggunakan blog jika ingin bercerita tentang tema traveling, fashion, teknologi, parenting, atau hal lainnya yang sesuai dengan minat Anda.

Sementara itu, konten website umumnya berisi informasi penting tentang layanan atau produk tertentu. Contohnya jika Anda membuat website perusahaan, maka isinya berupa sejarah perusahaan, alamat, layanan atau produk, hingga kontak perusahaan. Selain itu, website juga bisa digunakan untuk keperluan lembaga pendidikan, organisasi, toko online, hingga lembaga pemerintah. 

2. Gaya Bahasa

Komarketing.com

Jika dibandingkan lebih jauh, website dan blog juga mempunyai perbedaan dari segi gaya bahasa. Umumnya, blog menggunakan gaya bahasa yang disesuaikan dengan para audiens, bisa formal atau non formal. Sementara itu, gaya bahasa pada website biasanya relatif lebih formal, bahkan seringkali dibuat sangat profesional dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan yang baik di mata para audiens atau pun kompetitor.

3. Subscribe

Deviarblog.blogspot.com

Fitur subscribe sebenarnya bisa ditambahkan pada website maupun blogNamun, fitur subscribe pada kedua platform ini ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Pada website, subscribe digunakan untuk mengirim newsletter yang berisi informasi produk atau layanan terbaru, hingga diskon dan promo yang sedang diberikan oleh perusahaan

Sementara fungsi fitur subscribe pada sebuah blog adalah memungkinkan para subscriber untuk mendapatkan informasi update konten terbaru, sehingga mereka tidak akan ketinggalan berita terkini.

4. Update

Itechconsulting.cg

Pada umumnya, blog akan lebih sering dan mudah untuk memperbarui isi konten secara berkala. Hal ini bisa dilakukan kapan saja, bisa setiap hari, seminggu sekali, atau waktu-waktu lainnya. Jadi, konten blog sifatnya sangat dinamis karena bisa diperbarui pada kurun waktu tertentu.

Berbeda dari blog, website yang mayoritas isi kontennya berupa informasi layanan atau produk, berarti hanya bisa melakukan update jika ada perubahan informasi layanan dan produk yang disediakan. Untuk itulah konten website dianggap statis karena tidak terlalu sering membutuhkan update.

5. Arah Komunikasi

Catatandeni.info

Website dan blog juga dapat dibedakan berdasarkan arah komunikasi kepada audiens. Umumnya, blog lebih bersifat interaktif karena para audiens bisa berkomentar dan membagi setiap artikel yang diupdate pada halaman blog. Sebaliknya, websitejustru bersifat statis karena tidak tersedianya fitur kolom komentar. Dalam website, pengunjung yang ingin mengajukan pertanyaan biasanya harus menghubungi kontak perusahaan secara langsung atau melalui chatbot.

Nah, itulah bedanya website dan blog. Setelah mengetahui apa saja perbedaan keduanya, kini Anda dapat menentukan jenis platform yang lebih pas dengan kebutuhan Anda. Jika Anda bertujuan untuk berbagi pengalaman, cerita, atau opini, maka platform blog menjadi pilihan yang paling tepat. Jika tujuan Anda berkaitan dengan hal formal seperti organisasi atau bisnis perusahaan, maka tentunya website tentu lebih cocok untuk Anda pilih.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp