• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Strategi dan Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Strategi dan Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Loading web yang lambat bisa membuat pengunjung suatu website menjadi frustasi. Untuk itu, pemilik website yang baik perlu meningkatkan kecepatan loading agar para pembaca semakin setia mengunjungi website tersebut. Kenapa website harus memiliki loading yang super cepat? Jawaban paling tepat yaitu karena pengunjung website sangat menginginkannya. Ya, pengunjung blog tentunya tidak memiliki banyak waktu hanya untuk membuka satu halaman website saja. Bahkan, Google menyatakan bahwa sebanyak 53% orang akan meninggalkan blog yang loading lebih dari tiga detik. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading website? 

5 Rahasia Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Berikut ini adalah 5 langkah utama yang wajib dilakukan untuk mempercepat loading website:

1. Hapus Plugin dan Tema yang Tidak Diperlukan

Hamrongmedia.net

Menambahkan fitur baru pada situs website adalah hal yang lazim dilakukan agar website Anda tetap relevan dan modern. Pada situs WordPress, fitur-fitur tersebut dapat ditambahkan via tema dan plugin. Namun, seringkali plugin yang baru justru menggantikan fungsi dari fitur asli, sehingga membuat fitur tersebut kurang berfungsi. Semakin lama, Anda mulai menyadari bahwa situs Anda penuh dengan tema dan plugin yang jarang digunakan.

Banyaknya plugin yang tidak terpakai, tentu hanya mengganggu performa dari WordPress Anda. Oleh karena itu, hal pertama yang ajib Anda lakukan yaitu menghapus plugin yang tidak terpakai. Setidaknya, Anda juga bisa menonaktifkan plugin yang tidak terpakai saat mengoptimasi WordPress.

2. Batasi Postingan Per Halaman

Akhyar-artikel.blogspot.com

Anda tentu boleh saja untuk menampilkan semua postingan pada halaman utama. Sayang sekali, hal ini tidak memberikan efek yang begitu baik untuk kecepatan loading website Anda. Semakin banyak jumlah postingan pada suatu halaman, maka akan semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk proses loading hingga selesai. Maka dari itu, Anda harus membatasi postingan yang ditampilkan pada suatu halaman.

3. Optimasi Gambar

Qwords.com

Anda tentu menyadari bahwa gambar beresolusi tinggi sering kali mengakibatkan gangguan pada bandwidth. Untuk itu, Anda perlu mengecek ukuran setiap gambar-gambar yang akan dipakai. Namun, Hal ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh menggunakan gambar beresolusi tinggi atau hanya diperbolehkan menggunakan gambar ukuran kecil saja.

Ada begitu banyak cara dan metode yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimasi gambar pada website Anda. Smush Image Compression serta Optimization merupakan contoh plugin WordPress yang menawarkan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan loading website tanpa mengorbankan kualitas sebuah gambar.

4. Gunakan Embed untuk posting Video

Premium.wpmudev.org

Menambahkan sebuah video dalam sebuah konten atau postingan memang dapat menurunkan bounce rate pada blog. Pengunjung umumnya lebih termotivasi untuk menghabiskan banyak waktu karena menonton video di blog Anda. Meski begitu, sebaiknya Anda jangan langsung mengunggah video tersebut ke website. Akan Lebih baik jika Anda menggunakan fitur embed video yang berfungsi untuk meringankan beban yang ditanggung hosting. Pada akhirnya, cara ini akan membantu mempercepat loading web Anda.

5. Aktifkan Caching

Kinsta.com

Caching adalah proses penyimpanan sementara halaman HTML, data, atau konten sebuah blog yang berguna untuk mengurangi pemakaian resource serta loading server. Secara lebih sederhana, caching akan sangat membantu mempercepat loading blog Anda. Dengan memanfaatkan teknologi caching, maka blog Anda tidak perlu mengambil data dari server secara berulang-ulang saat akan menampilkan halaman yang sama. Dengan begitu, kecepatan loading blog pun bisa semakin meningkat. 

Itulah beberapa cara meningkatkan kecepatan loading website. Kelima cra tersebut merupakan cara paling mudah yang bisa Anda praktekkan pada website yang Anda miliki. Jadi, pastikan Anda tidak membiarkan web Anda memiliki loading lama begitu saja. Segera perbaiki agar pengunjung semakin nyaman saat membuka dan berlama-lama di website Anda.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp