• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Tahapan Mendaftarkan Website di Search Engine Google dan Bing

Tahapan Mendaftarkan Website di Search Engine Google dan Bing

Setiap pemilik website tentu ingin halamannya berada di posisi tertinggi pada mesin pencarian. Apalagi bagi para pemilik website yang terbilang masih baru, tentu sangat berharap jika laman website atau blognya  berada di peringkat tertinggi pada mesin pencari. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan website di search engine agar dapat muncul di hasil pencarian. Para user dapat dengan mudah menemukan situs yang Anda miliki setelah alamat website tersebut didaftarkan ke Search Engine. Supaya situs dapat diakses oleh mesin pencarian, maka Anda harus mengirimkan dan juga mendaftarkan URL ke Google dan juga Bing.

Cara Mendaftarkan Website di Search Engine di Google

Beril.id

Tentunya, Anda sangat berharap website dan blog Anda bisa ramai akan pengunjung setiap harinya. Mendaftarkan laman Anda pada mesin pencari atau Search Engine bertujuan agar laman tersebut dapat diindeks dan mudah ditemukan oleh para pengunjung yang datang ke Google. Lantas, bagaimana cara mendaftarkan URL web atau blog ke Search Engine Google? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan login di akun Gmail milik Anda. Lalu, gunakanlah akun Gmail Anda yang sudah dijadikan sebagai email website atau blog.
  2. Akses menuju Search Engine Google.
  3. Setelah mengakses Search Engine Google, dilanjutkan dengan mengisi kolom URL dengan alamat URL web atau blog Anda di dalamnya.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi kode CAPTCHA yang tersedia pada kolom kode. Pastikan Anda mengisi kode tersebut dengan benar dan jangan sampai salah.
  5. Proses terakhir adalah dengan meng-klik “submit Request”

Jika proses mendaftarkan website di search engine telah Anda selesaikan dengan benar, maka akan muncul kode yang bertulisan “your request has been received and will be processed shortly” yang berwarna putih kekuningan. Setelah tulisan tersebut muncul, langkah selanjutnya adalah menunggu selama beberapa jam untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Namun, jika Anda salah ketika memasukan kodenya, maka yang akan muncul adalah sebuah tulisan “there was an error processing your request” yang berwarna merah. Jika Anda salah memasukan kode, maka ulangi lagi proses di atas dengan lebih hati-hati saat memasukan kode.

Cara Mendaftarkan Website di Search Engine di Bing

Robweatherhead.co.uk

Setelah mengetahui bagaimana cara mendaftarkan website melalui Google, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mendaftarkannya ke Bing. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login dulu ke situs Bing menggunakan akun Bing yang telah Anda miliki. Namun, jika Anda belum pernah mendaftar, silahkan terlebih dahulu daftarkan diri Anda dengan mengakses keyword “Daftar di Bing”.
  2. Selanjutnya, silahkan mengakses Search Engine Bing.
  3. Proses dilanjutkan dengan mengisi kolom URL dengan alamat URL website atau akun blog Anda. Isi bagian ini dengan alamat URL Anda dengan tepat. Cek kembali untuk memastikannya.
  4. Isilah kode captcha yang telah tersedia di sebuah kolom. Teliti kembali apakah kode tersebut sudah diisi dengan benar. 
  5. Setelah proses di atas selesai dilakukan, proses selanjutnya diakhiri dengan meng-klik “submit”.

Setelah semua proses di atas telah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menunggu Bing untuk dapat mengindeks URL website atau blog yang Anda daftarkan.

Cara mendaftarkan website di search engine sangat mudah dan praktis bukan? Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk berkata tidak bisa. Dengan mengikuti semua langkah-langkah di atas, tentu laman website atau blog Anda akan dapat diindeks oleh mesin pencarian google. Efeknya, pengunjung website Anda akan semakin berlimpah.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu