• 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Tips Memilih Nama Domain untuk Toko Online

Tips Memilih Nama Domain untuk Toko Online

Memilih nama domain untuk toko online sama dengan memilih nama untuk perusahaan atau bisnis. Pemilik bisnis membutuhkan waktu dan pemikiran dalam memilih nama domain toko online. Domain menjadi identitas di internet, jadi harus dipastikan nama domain sesuai dengan bisnis dan mudah untuk ditemukan. Berikut ini beberapa tips memilih nama domain untuk toko online.

1. Gunakan Nama Domain yang Kreatif dan Brandable

Strawberrybranding.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama domain menjadi identitas di internet. Oleh karena itu, sebisa mungkin menggunakan nama domain yang kreatif dan brandable agar bisa melakukan branding dengan mudah. Nama domain brandable adalah nama yang unik dan menonjol dibanding kompetitor lainnya. Domain brandable lebih mudah dicari, diingat, dan disebarkan oleh customer dan pengunjung toko online.

Cara menemukan nama domain untuk toko online yang brandable, seperti:

a. Buat Kata Baru

Pemilik bisnis bisa membuat kata baru yang terdengar catchy untuk menarik perhatian. Contohnya, Google dan Yahoo.

b. Gunakan Kata-Kata Menarik yang Sudah Ada

Pemilik bisnis bisa mencari kata-kata yang mungkin jarang digunakan sehari-hari tapi sesuai dengan bisnis.

c. Gunakan Generator Nama Domain

Di internet sudah banyak generator yang bisa digunakan untuk mencari nama domain. Pemilik bisnis bisa memasukkan kata-kata yang dirasa cocok untuk nama domain toko online.

2. Gunakan Keyword yang Berhubungan dengan Bisnis

Searchenginejournal.com

Jika domain ini untuk toko online, coba masukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan servis. Misalnya, jika memiliki toko online sepatu, masukkan keyword sepatu di domain. Menggunakan keyword pada domain dapat membantu SEO toko online agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu, traffic pengunjung toko online semakin meningkat.

3. Gunakan Nama Domain Pendek dan Mudah Diketik

Proximus.be

Nama domain pendek dan mudah diketik membantu toko online mencapai kesuksesan. Jika nama domain panjang dan ribet, kemungkinan customer tidak dapat mengingat. Oleh karena itu, disarankan dalam memilih nama domain untuk toko online tidak lebih dari 3 suku kata.

Selain itu, hindari penggunaan angka dan hyphens. Sebisa mungkin jangan menggunakan angka dan hyphens untuk nama domain. Penggunaan hyphens bisa membuat nama domain untuk toko online menjadi lebih ribet.

4. Hindari Nama Domain yang Sudah Dipakai

Theconversation.com

Dalam memilih nama domain, pastikan bahwa nama domain untuk toko online belum di trademark, copyright, atau digunakan oleh perusahaan lain. Jika menggunakan nama yang sudah di trademark, copyright, dan digunakan oleh perusahaan lain, bisa jadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi untuk melakukan research sebelum memilih sebuah nama domain. Sebelum membeli domain, cek terlebih dulu apakah nama domain masih tersedia atau tidak.

Meskipun nama domain sudah tidak digunakan lagi atau bekas, pemilik bisnis harus tetap teliti dalam memilih domain untuk toko online. Selidiki apakah domain tersebut pernah digunakan untuk situs-situs judi atau hal-hal negatif lainnya. Untuk pencegahan, sebaiknya hindari domain yang pernah digunakan oleh orang lain.

5. Gunakan Extension Domain yang Tepat

Biznetgio.com

Extension adalah akhiran domain seperti .com atau .id di akhir nama domain untuk toko online. Sampai saat ini, extension .com adalah extension yang paling populer. Namun, untuk mendapatkan nama yang pendek dan mudah diingat dengan domain .com memang lebih sulit karena extension ini sudah ada sejak lama.

Untuk melindungi brand toko online, ada baiknya membeli domain dalam beberapa extensions yang berbeda. Hal ini dilakukan agar competitor tidak me-register versi lain dari nama domain untuk toko online. Selain itu, dengan memiliki beberapa versi dari nama domain, pengunjung toko online selalu terhubung meskipun ada kesalahan dalam mengetik extension.

Itulah beberapa tips memilih nama domain untuk toko online. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan sebaiknya beli dan daftarkan nama domain untuk toko online di penyedia domain yang terpercaya. Semoga bermanfaat!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp