• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Tutorial Lengkap Cara Membuat Katalog Produk di Website

Tutorial Lengkap Cara Membuat Katalog Produk di Website

Membuat katalog produk merupakan cara yang paling efektif untuk semakin memperluas jaringan pelanggan. Sebuah katalog, tentunya memiliki potensi yang sangat besar dalam menjangkau pelanggan, terutama bagi mereka belum pernah dan tidak akan pernah untuk menginjakkan kaki di toko yang dimiliki. Maka dari itu, membuat katalog dengan ide-ide yang menarik dan menjadikannya sebagai alat iklan yang paling nyata dan efisien menjadi hal yang harus bisa dilakukan oleh pemilik bisnis. Lantas, bagaimana cara membuat katalog produk di website?

Cara Membuat Katalog Produk di Website

Katalog sejatinya merupakan sebuah alat untuk menarik hati konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, katalog harus dibuat dengan sangat menarik menggunakan cara-cara yang tepat. Berikut ini adalah cara membuat katalog produk di website yang bisa Anda coba:

1. Kumpulkan Seluruh Bahan yang Dibutuhkan

Youtube.com

Sebagai langkah pertama, pastikan telah mengumpulkan semua bahan sebelum mulai ke langkah selanjutnya. Nah, beberapa bahan yang perlu dipersiapkan misalnya daftar produk, gambar produk, keunggulan produk, informasi atau profil perusahaan, testimoni, hingga daftar pelanggan.

2. Ambil Gambar yang Menarik

Youtube.com

Pengambilan gambar yang menarik bertujuan untuk membuat katalog lebih eye catching. Sebaiknya, jangan mengambil gambar menggunakan ponsel, meskipun dalam hal ini kamera ponsel Anda memiliki resolusi yang besar. Mengapa? Tentunya pengambilan gambar dengan kamera DSLR akan lebih bagus karena dilengkapi dengan lensa dan aneka fitur yang mampu memotret gambar dengan hasil super tajam.

Jika perlu, kita juga bisa menggunakan jasa fotografer untuk membantu mengambil gambar produk. Namun, apabila budget belum memungkinkan untuk hal itu, maka bisa tetap memakai kamera ponsel yang berpiksel tinggi. Selain itu, usahakan juga untuk mengambil gambar produk di area yang memiliki cahaya cukup terang serta background  netral. Hal ini bertujuan agar foto produk menjadi semakin bagus dan menarik.

3. Rencanakan Deskripsi Produk yang Memikat

Zoho.com

Sebelum membuat deskripsi singkat tentang suatu produk, ketahui apa saja keunggulan produk tersebut. Ketahuilah spesifikasi lengkap dari produk wajib tersebut sebelum menulis keterangan pada setiap produk yang dijual. Selain itu, juga wajib memberikan nomor serta harga item, dalam hal ini termasuk memberikan harga asli serta harga diskon.

Dalam membuat deskripsi atau keterangan produk, pastikan juga untuk tidak menuliskan hal-hal yang bertele-tele. Tulis saja apa keunggulan produk yang akan mendorong calon pelanggan agar segera memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk memberikan informasi lebih detail mengenai produk kepada pelanggan, Anda bisa mengarahkan mereka ke halaman website penjelasan produk.

4. Pakai Software Online

Gotomeeting.com

Anda mungkin merasa bingung bagaimana menyusun katalog yang mampu menarik banyak pelanggan. Jangan khawatir, ada banyak sekali situs online yang menawarkan jasanya dalam penyusunan katalog produk. Namun, pastikan untuk memilih tools yang tepat, yang mana Tools ini akan mengonversi file PDF milik Anda menjadi sebuah katalog. Wah, canggih bukan? Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat katalog yang eye catching adalah AnyFlip, Fliphtml5, Publitas, hingga Flipsnack. Ada banyak sekali template katalog yang ditawarkan oleh software tersebut, maka pastikan untuk memilih template yang paling sesuai dengan konsep website bisnis yang dimiliki.

5. Perhatikan Desain Katalog

Idwebhost.com

Saat membuat katalog produk, tentunya harus memberikan sentuhan estetika di dalamnya. Selain membosankan, katalog yang biasa-biasa saja pastinya tidak mungkin membuat calon konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan. Untuk itu, sangat penting membuat desain produk yang mampu memikat hati pelanggan. Jika diperlukan, Anda juga bisa melengkapi katalog produk dengan video yang menarik.

Itulah beberapa langkah cara membuat katalog produk di website. Kelima hal di atas sangat wajib diperhatikan tanpa mengurangi perhatian Anda pada faktor-faktor penting lainnya. Saat Anda memiliki katalog produk yang menarik di website, maka pastinya akan membuat pelanggan jatuh cinta dengan produk-produk yang Anda promosikan. Penjualan pun pasti akan meningkat.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu