• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Follow us : @JasterMedia
Apa Jenis Hosting yang pas untuk Website Anda?

Apa Jenis Hosting yang pas untuk Website Anda?

Sebelum memilih hosting untuk website, Anda perlu tahu apa saja jenis-jenis hosting serta karakteristik tiap hosting agar Anda tidak salah membeli. Dalam memilih jenis hosting pada dasarnya sangat bergantung pada kebutuhan website atau sistem Anda.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah layanan berbasis internet yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data atau file yang diperlukan website. Semua data itu akan disimpan dan dapat diakses serta dikelola melalui internet dan dapat diakses oleh setiap orang.

Apa saja jenis-jenis hosting? Bagaimana cara memilih hosting yang tepat?

Shared hosting

Layanan hosting yang paling banyak digunakan oleh para developer website. Apabila website Anda tidak memiliki size yang terlalu besar baiknya Anda menggunakan layanan ini.  Layanan hosting ini berbagi resources dan kapasitas server bersama-sama dengan user lain sehingga kapasitas yang dimiliki cenderung sedikit

VPS Hosting

Layanan hosting yang bersumber daya dari satu server saja, yang kemudian dapat dibagi beberapa atau banyak server yang lebih kecil.

Perbedaan VPS dengan shared hosting adalah terkait pembagian sumber daya yang tersedia. VPS memiliki sistem yang berjalan mandiri dan diperuntukkan hanya untuk satu pengguna saja, tidak dibagi-bagi bersama seperti pada layanan shared hosting. 

Dedicated Hosting

Layanan hosting yang digunakan oleh satu pemakai saja tanpa sharing ke user lain. Pengguna dari layanan ini biasanya memiliki kebutuhan spesifikasi tinggi untuk websitenya karena memiliki traffic yang tinggi.

Analogi umum perbedaan ketiga jenis hosting tersebut :

Shared hosting, layaknya kamar hotel yang digunakan oleh beberapa orang. Membuat biaya sewa menjadi lebih murah, namun Anda tidak bisa bergerak leluasa karena harus berbagi dengan orang lain.

VPS, Layaknya kamar hotel yang Anda sewa untuk diri sendiri. Kita bisa bergerak semau kita dan tentunya memiliki ruang yang lebih besar

Dedicated Hosting, Layaknya sebuah rumah yang dapat anda gunakan sendiri, dan memiliki kapasitas yang lebih besar.

Sekarang Anda sudah mengerti perbedaan dari ketiga hosting tersebut. Jadi, sebelum membeli hosting untuk website Anda pastikan hosting yang anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda ya…

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Tutup