• 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Cara Menggunakan Google Bisnisku Paling Mudah

Cara Menggunakan Google Bisnisku Paling Mudah

Google menawarkan banyak kemudahan untuk penggunanya. Banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk kamu yang memang suka berbisnis, salah satunya adalah Google Bisnisku atau Google My Business. Fitur gratisan ini memiliki banyak manfaat, seperti mengelola informasi bisnis, memudahkan interaksi dengan pelanggan, serta meningkatkan performa bisnis. Berikut ini beberapa cara menggunakan Google Bisnisku paling mudah.

Daftar

Google.com

Sebelum menggunakan google bisnisku, daftar terlebih dahulu menggunakan akun google. Kemudian akan diminta memasukkan nama bisnismu. Selanjutnya, jawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan data bisnis seperti alamat, titik lokasi di Google Maps, kategori bisnis, detail kontak, pilihan untuk mendapatkan newsletter dari Google secara berkala atau tidak, dan yang terakhir verifikasi. Tunggu email verifikasi yang berisikan kode verifikasi agar bisa masuk ke Google Bisnisku.

Lengkapi Data

Google.com

Setelah proses daftar dan verifikasi selesai, langkah selanjutnya adalah melengkapi data yang dibutuhkan seperti deskripsi dan lain sebagainya. Untuk deskripsi bisnis penjelasannya 750 karakter. Jelaskan secara singkat dan jelas juga kenalkan produk yang menjadi unggulan di bisnismu. Selanjutnya masukkan foto, meskipun sifatnya opsional namun foto jelas sangat dibutuhkan untuk meyakinkan calon pembeli.

Seperti halnya toko offline, bisnis kamu juga sebaiknya memiliki jam operasional. Masukkan ke dalam Google Bisnisku, kapan jam ‘kerja’ agar pelanggan bisa menemuimu dengan mudah. Kamu juga bisa menyertakan informasi serta fasilitas apa saja yang disertakan pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Postingan

Google.com

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, kamu bisa memperbarui postingan google bisnisku. Berikan insentif kepada pelanggan untuk berkunjung dengan membagikan penawaran, promo khusus, atau kabar terbaru, sehingga mereka mengetahui segala acara dan waktunya.

Fitur postingan digunakan sebagai tempat “mini blog” artinya semua postingan dapat terlihat. Kamu bisa memilih fitur ‘tambah acara’ untuk melakukan promosi acara. Tidak hanya promosi foto, tapi juga video bisa digunakan untuk promosi acara.

Cara menggunakan Google Bisnisku ini dapat membantu kamu melihat insight postingan, baik itu postingan individual, juga postingan-postingan lama yang sudah dibuat. Informasi yang ditampilkan akan terus diperbaharui dan insight akan terus berubah secara retroaktif untuk memastikan datanya akurat.

Ulasan

Google.com

Beberapa pelanggan biasanya meninggalkan komentar atau ulasan. Untuk membangun basis pelanggan yang baik, bisa dilakukan dengan cara interaksi secara online seperti menanggapi pesan dan ulasan yang mereka posting. Selain menciptakan pelanggan yang setia, fitur ulasan juga mempengaruhi tingkat kepercayaan calon pelanggan. Jika banyak ulasan positif, pelanggan akan lebih percaya dan semakin banyak pelanggan baru. Sebaliknya, banyaknya ulasan negatif akan beresiko kehilangan pelanggan setia dan pelanggan baru. Oleh karena itu, tingkatkan interaksi dengan pelanggan dan tingkatkan pelayanan agar mendapatkan ulasan yang positif.

Optimasi

Google.com

Untuk memudahkan konsumen menemukan bisnismu, lakukan optimasi menggunakan semua fitur yang tersedia di Google Bisnisku. Mulai dari fitur foto, gmail custom, produk hingga iklan bisa kamu coba. Memperbarui profil bisnis juga penting. Misalnya, menyesuaikan jam buka selama hari libur atau menambahkan nomor telepon baru. Foto produk yang unik juga menarik banyak pelanggan. Oleh karena itu, buat perubahan dalam beberapa langkah mudah dengan Google Bisnisku. Profil Bisnis akan diperbarui di seluruh Penelusuran dan Maps.

Itulah cara menggunakan Google Bisnisku paling mudah. Tidak hanya bisa dikelola di PC atau Personal Computer saja, aplikasi ini bisa juga diakses dengan mudah di smartphone. Baik itu yang berbasis Android maupun iOS. Mengelola bisnis semakin mudah dimanapun dan kapanpun. Semoga bermanfaat!

Berikan Rating untuk Konten ini

Close Menu
Chat Whatsapp