• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Kekurangan dan Kelebihan Menampilkan Google Maps di Website Bisnis

Kekurangan dan Kelebihan Menampilkan Google Maps di Website Bisnis

Pada era modern seperti sekarang ini, pertumbuhan bisnis tidak terlepas dari kemudahan pelanggan dalam menjangkau lokasi di mana tempat bisnis itu berada.  Google Maps adalah layanan perpetaan yang kini sangat banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis. Layanan milik Google ini dibilang memiliki beragam fitur yang lengkap, sehingga sangat membantu pembeli atau konsumen untuk menemukan lokasi sebuah tempat bisnis tertentu. Menariknya, pengguna bukan hanya bisa mendapatkan informasi tentang alamat tempat tersebut, namun juga akan mendapatkan detail informasi dari tempat tersebut. Misalnya dapat melihat nomor telepon, alamat website, foto-foto, hingga jam buka dari tempat tersebut. Menampilkan Google Maps di websitebisnis terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan menampilkan Google Maps pada website bisnis?

Alasan Mengapa Harus Menampilkan Google Maps di Website Bisnis

Blog.xendit.co

Perlu dicatat bahwa banyak calon konsumen yang takut tertipu saat melakukan pembelian secara online jika alamat bisnis tidak ditampilkan dengan jelas. Nah, dengan menampilkan Google Maps pada website atau toko online, maka calon pelanggan bisa melihat lokasi asli bisnis tersebut. Artinya, kepercayaan pelanggan pada bisnis tersebut akan semakin meningkat.

Dengan Google Maps, maka para pelanggan dapat menggeser-geser peta hingga mereka menemukan lokasi tempat di mana bisnis itu berada. Bahkan, pelanggan bukan hanya bisa menikmati opsi maps view, tetapi juga bisa menikmati opsi street view. Dengan opsi ini, maka mereka dapat melihat lokasi toko secara aktual tanpa perlu jauh-jauh meninggalkan rumah. Calon pelanggan dapat menghubungkan peta di smartphone mereka. Lalu, mereka akan memperoleh petunjuk arah jalan hingga sampai ke tempat toko fisik itu berada.

Investors.com

Adanya Google Maps pada website juga pasti akan meningkatkan kredibilitas suatu bisnis online. Dengan adanya Google Maps di dalam website, maka pengunjung website akan semakin percaya bahwa toko bisnis tersebut benar-benar ada. Bahkan, mereka juga bisa melacaknya, sehingga tidak lagi ada kecurigaan sebagai toko fiktif atau bahkan penipuan.

Selain itu, Google Maps juga akan memudahkan calon pelanggan yang ingin belanja langsung di toko tersebut. Pencarian alamat  toko akan semakin mudah, sehingga pelanggan tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi usaha atau toko offline tersebut. Bukan hanya itu saja, calon pengunjung pun bisa mengestimasi jarak dan perkiraan waktu tempuh dari tempat mereka ke lokasi toko berada.

Menampilkan Google Maps juga dapat membantu meningkatkan SEO website. Pengunjung yang mengetik brand atau alamat sebuah bisnis pada kolom pencarian Google, maka akan muncul dengan tampilan yang lebih spesial. Pada kolom samping, tampak peta lokasi serta identitas penting dari alamat bisnis tersebut.

Herugan.com

Perlu diketahui bahwa menambahkan Google Map dalam website hanya sekadar menampilkan alamat email toko fisik tersebut. Karena berupa tampilan peta, maka orang-orang yang berkeinginan untuk mengunjungi sebuah toko akan sangat terbantu. Mereka bisa langsung mengetahui nama jalan yang harus dituju, jenis angkutan yang dibutuhkan untuk menjangkau lokasi tersebut, hingga bangunan-bangunan yang ada di dekat toko tersebut.

Menampilkan Google Maps di website memang menawarkan banyak sekali kelebihan. Pada intinya, adanya Google Maps pada website akan membantu meningkatkan penjualan, sehingga pendapatan pun akan bertambah.

Sayangnya, Google Maps juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah tidak up to date terhadap tempat-tempat terbaru, terdapat kesalahan pemetaan pada beberapa tempat, penyimpanan besar, loading lama, hingga tidak bisa berjalan apabila koneksi internet pengguna lemah. Meski demikian, tetap saja bahwa menampilkan Google Maps di website merupakan hal yang sangat menguntungkan.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp