• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Follow us : @JasterMedia
Kenapa Harus memakai Instagram Bisnis untuk akun Bisnismu?

Kenapa Harus memakai Instagram Bisnis untuk akun Bisnismu?

Instagram tidak hanya sekedar menangkap momen dan membagikannya ke pengguna lain saja. Instagram meluncurkan akun bisnis yang biasa dikenal dengan Instagram Bisnis (Instagram for Business) Seperti namanya, instagram bisnis ditujukan untuk orang-orang yang menggunakan Instagram untuk mengembangkan bisnisnya, baik untuk mempromosikan produk atau untuk berkomunikasi dengan calon kliennya.

Apakah menggunakan akun bisnis Instagram harus bayar? Tentu saja Tidak. Sama seperti akun Instagram pribadi, akun bisnis juga digunakan secara gratis. Tetapi ada beberapa fitur yang hanya ada pada akun bisnis tidak akan kamu temukan pada akun pribadi. Dan sangat disarankan juga setelah mengubah akun ke instagram bisnis, kamu juga menggunakan jasa iklan instagram agar marketing yang kamu lakukan lebih efektif. Berikut perbedaan akun bisnis dan pribadi.

Profile Akun

Perbedaan yang paling terlihat pada akun instagram biasa dengan akun instagram bisnis yaitu pada profile akun. Pada profile akun instagram biasa, kamu hanya bisa menampilkan beberapa informasi tambahan seperti name (nama), email, dan website. Sedangkan pada akun instagram bisnis, kamu juga bisa menambahkan kategori bisnis, seperti fashion, software company, retail, organization, blog pribadi, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan alamat perusahaan.

Menu Kontak

Kontak yaitu tempat pengguna instagram saling berkomunikasi. Pada akun instagram biasa, orang lain hanya bisa mengirim “direct message (DM)” kepada akun instagram kamu melalui menu “message”. Tetapi pada akun instagram bisnis, kamu dapat berkomunikasi dengan calon klien melalui telepon atau email. Kamu dapat memasukkan nomor telepon atau alamat email pada menu contact.

Fitur Insight

Fitur insight hanya dapat kamu temukan pada akun instagram bisnis. Fitur ini dapat membuat promosi bisnis kamu menjadi lebih efektif dan relevan. Ada 3 menu yang terdapat pada fitur insight, yaitu Activity, Content, dan Audience. Pada menu content, di sini kamu dapat mengetahui berapa banyak akun yang melihat sebuah konten yang kamu posting, berapa banyak akun yang melihat stories kamu, berapa banyak akun yang meninggalkan stories milikmu, berapa jumlah balasan yang kamu dapatkan, siapa saja yang melihat stories milikmu, dan informasi konten lainnya.

Selanjutnya ada menu activity, kamu dapat mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun bisnis kamu, berapa kali profil bisnismu dikunjungi oleh orang lain, berapa kali followers kamu mengklik tombol website milikmu yang tercantum di bio, berapa kali followers mengklik tombol email serta tombol call di menu kontak. Selain itu kamu juga akan mengetahui berapa jumlah jangkauan konten yang kamu posting, Berapa jumlah akun Instagram yang berhasil dijangkau oleh konten yang kamu unggah, berapa jumlah tayangan keseluruhan yang kamu dapatkan dari konten yang kamu unggah, dan lainnya. Terakhir ada menu audience, pada menu ini kamu akan memperoleh data – data mengenai followers akun Instagram bisnis milikmu. Kamu akan mengetahui jenis kelamin, usia, dan geografi para followers kamu. Kamu juga dapat mengetahui jam berapa biasanya followers kamu akan online.

Nah, itulah 3 hal mendasar yang dapat kamu temui pada akun instagram biasa dan akun instagram bisnis. Untuk mengubah akun biasa menjadi akun bisnis, kamu dapat mengklik menu “Setting (Pengaturan)”, kemudian pilih “Beralih ke Akun Bisnis (Switch to bussiness account”). Selanjutnya kamu tinggal melengkapi beberapa data yang harus kamu isi, Selamat mencoba ya.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Tutup