fbpx
  • 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Konsep Strategi Pemasaran Toko Online Paling Lengkap

Konsep Strategi Pemasaran Toko Online Paling Lengkap

Pada dasarnya, setiap usaha atau bisnis pasti memiliki sebuah strategi pemasaran untuk menunjang tingkat penjualan usaha atau bisnis tersebut. Tidak terkecuali dengan bisnis toko online. Yang mana, saat ini juga dikenal konsep strategi pemasaran toko online sebagai bagian dari proses pengembangan bisnis berbasis online itu sendiri.

Strategi pemasaran toko online sangat dibutuhkan untuk menunjang agar eksistensi toko online yang kalian miliki bisa tetap stabil dan memiliki tingkat penjualan yang bagus. Ketika seorang penjual sudah memiliki strategi marketing dan mengaplikasikannya, maka hal tersebut bisa menjadi senjata bagi bisnisnya itu. Lalu, apa saja strategi pemasaran bagi sebuah toko online yang efektif dan tepat sasaran?

Personal Branding

Craftofmarketing.com

Banyak sekali strategi marketing yang bisa kamu terapkan untuk mendongkrak bisnis online kalian. Pertama adalah personal branding. Kamu bisa mengoptimalkan strategi personal branding ini sebagai sarana agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Buat sesuatu yang menjadi ciri khas kalian, sehingga setiap mengingat hal tersebut, maka ingatan orang-orang juga akan tertuju pada bisnis online kamu.

Membangun personal branding sendiri merupakan tahapan yang susah-susah gampang. Tidak mudah mencari sesuatu yang bisa menjadi ciri khas sebuah bisnis. Tidak mudah pula menempati hati konsumen terlebih jika merupakan toko online baru. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran toko online seputar personal branding. Biasanya sering diadakan pelatihan-pelatihan seputar branding bisnis ini.

Membangun Relasi atau Network (Jaringan)

Todoenordenadoresconsejos.blogspot.com

Kemudian selain dari personal branding, relasi atau network (jaringan) juga sangat penting. Kalian pernah melihat sebuah rumah makan baru yang mengadakan promo makan gratis atau diskon besar-besaran melalui media sosial, bukan? Nah, hal tersebut mengoptimalkan pada kemampuan pebisnis dalam menjalin relasi. Kalian bayangkan saja jika kalian membuka sebuah bisnis online namun sama sekali tidak memiliki relasi.

Melihat Pangsa Pasar

Dosenpendidikan.co.id

Selain itu, relasi juga bisa menjadi perantara dengan melihat pangsa pasar. Bahkan terkadang, karena adanya relasi tersebut kamu bisa berpikir untuk membuka sebuah bisnis berbasis online seperti online shop. Itulah mengapa relasi termasuk kedalam jajaran strategi pemasaran toko online yang sangat ditekankan. Jadi, dalam mengembangkan bisnis online yang kamu miliki jangan pernah lupa untuk membangun relasi sebanyak mungkin.

Endorsement

Maxmanroe.com

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan kekuatan dari iklan alias endorse. Namun untuk strategi pemasaran yang satu ini akan sedikit membutuhkan budget untuk keperluan produk yang akan dijadikan media endorse. Namun, sebelum melakukan kegiatan endorse kalian pastikan terlebih dahulu siapa yang akan kalian pilih. Lalu lihat apakah latar belakangnya cocok dengan produk kamu. Tentunya kamu tidak akan memilih seorang binaragawan untuk produk makanan, bukan?

Copywriting

Sharethis.com

Kemudian strategi pemasaran toko onlinelainnya adalah copywriting. Sudah banyak yang membuktikan bahwa melakukan prospek dengan berbekal copywriting yang bagus dan tertata. Pastikan dalam tulisan tersebut mengandung unsur kalimat persuasif namun usahakan harus tetap friendly (ramah) agar calon konsumen tetap merasa nyaman saat membacanya.

Kunci sukses seorang pebisnis yang memilih berbisnis dalam bentuk online shop adalah konsistensi dalam melakukan prospek. Jangan pernah lelah dan bosan untuk melakukan prospek pada pelanggan tetap maupun calon pelanggan. Optimalkan database para konsumen. Kotak-kotakkan mana konsumen yang termasuk dalam daftar yang direkomendasikan atau yang masuk kedalam jajaran customer blacklist.

Strategi pemasaran toko online penting sekali dalam proses pengembangan sebuah bisnis online. Oleh karena itu, jika kalian memiliki toko online jangan lupa untuk menerapkan strategi ini, ya.  Semoga tulisan ini bermanfaat.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp