• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Follow us : @JasterMedia
Lebih mengenal tentang apa itu Bounce Rate?

Lebih mengenal tentang apa itu Bounce Rate?

Pasti Setiap pemilik website tentu menginginkan website mereka ramai dikunjungi oleh banyak orang. Berbagai strategi dari optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) dilakukan agar bisa meningkatkan trafik website. Karena dengan banyaknya pengunjung yang datang, kalian juga harus mempertahankan pengunjung tersebut untuk tetap berada di website dan membuka beberapa halaman website. Jika mereka tidak melakukan aktivitas apapun dan masuk ke halaman website selama beberapa detik saja, maka akan menyebabkan tingginya persentase “bounce rate” website kamu. Jadi apa itu bounce rate? Mari kita bahas Bersama sama.

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman saja. Yoast SEO juga mengatakan, bounce rate adalah suatu keadaan dimana pengunjung hanya membuka satu halaman website tanpa melakukan tindakan apa pun. Mereka tidak menekan tombol menu, CTA, atau internal link lainnya di halaman tersebut. Nilai bounce rate yaitu 0-100 persen, semakin tinggi persentase bounce rate website kamu, itu artinya kualitas website kamu tidak bagus. Tetapi jika persentase bounce rate website semakin rendah, berarti kualitas website juga semakin bagus, banyak orang yang berkunjung dan betah berlama-lama berada di website kamu.

Apa Saja Yang Mempengaruhi Bounce Rate?

Kecepatan loading adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap persentase bounce rate. Salah satu alasannya karena setiap pengunjung website menginginkan waktu loading yang cepat untuk membuka sebuah website. Bila kecepatan loading website kamu lama, tentu akan membuat mereka meninggalkan website kamu. Maka dari itu, untuk menurunkan persentase bounce rate (mempertahankan pengunjung) saat membuka website kamu, perhatikanlah kecepatan loadingnya.

Desain juga mempengaruhi persentase bounce rate yang berkaitan dengan tampilan sebuah website. Buatlah tampilan website yang menarik dan membuat pengunjung nyaman ketika mengakses website kamu. Konten menjadi daya tarik paling utama dalam sebuah website, melalui konten akan menjadikan pengunjung mengerti tentang isi website atau bisnis kamu. Oleh karena itulah, penting bagi kamu untuk membuat konten berkualitas dan menarik perhatian pengunjung. Kemudian linking adalah link yang menghubungkan sebuah halaman website dengan halaman website lain. Semua faktor tersebut mempengaruhi sebuah bounce rate.

Fungsi Bounce Rate

Tinggi atau rendahnya persentase bounce rate sebuah website, sangat berpengaruh terhadap kemajuan website. Untuk fungsi website yang pertama adalah meningkatkan kepercayaan website. Karena kualitas website bisa dilihat dari tingkat kepercayaan. Kemudian sebagai indikator untuk melakukan evaluasi, karena dengan adanya presentase bounce rate maka akan bisa sebagai bahan evaluasi. Dan tentunya meningkatkan kualitas website, Terdapat dua cara yang bisa diterapkan agar pengunjung betah berlama-lama berada di website. Pertama, dengan membuat konten baik itu artikel, foto maupun video untuk meningkatkan brand awareness.

Jadi bagaimana sudah tau kan tentang Bounce Rate, dari definisinya hingga fungsi dari Bounce Rate tersebut. Jadi buat kalian yang mempenyuai website wajib tau tentang hal ini. Semoga bermanfaat ya jangan lupa buat selalu pantengin sosmded kami juga ya.

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Tutup