• 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa nama brand makanan cepat saji atau lokal. Setiap orang sudah tak asing lagi dengan produk mereka yang memiliki ciri khas pada setiap outlet. Saat berbicara tentang suatu brand terkenal yang kamu pikirkan adalah jenis produk dengan kualitas yang baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Sementara restoran cepat saji identik dengan makanan yang memiliki citra rasa yang baik.

Itulah yang disebut dengan brand awareness, cara mereka membangun karakter yang melekat di hati pelanggan. Brand ini tak hanya soal nama saja namun kesatuan yang terorganisir dari produk sendiri. Berikut ini manfaat brand awareness untuk bisnis yang harus kamu ketahui.

Loyalitas Pelanggan

Linkedin.com

Brand awareness yang baik dapat meningkatkan penjualan. Kenapa? Karena loyalitas seorang pelanggan ditentukan dengan brand yang mereka pasarkan serta citra rasa yang ditawarkan. Brand memiliki pasar yang baik akan mendapatkan support dari pelanggan setianya.

Ketika sebuah branddibangun dengan citra rasa pelanggan, produk lama maupun produk terbaru akan dinantikan oleh pelanggan. Saat produk diluncurkan, tentu saja pelanggan akan memenuhi toko karena rasa penasaran. Loyalitas pelanggan yang begitu tinggi dari sebuah produk akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Target Pasar Luas

Creativemarket.com

Ketika branding produk sudah dilakukan dengan baik dan benar, brand semakin kuat bahkan melampaui brand lain pada pasar yang sama. Jadi, brand awareness sangat penting dilakukan untuk merebut perhatian pelanggan dan mendapatkan perhatian lebih dari mereka.

Misalnya, di beberapa kota hanya memiliki 3 outlet namun di satu daerah tidak terdapat outlet tersebut, pelanggan yang penasaran dengan produk tersebut akan rela pergi ke daerah yang terdapat outlet tersebut hanya untuk menikmati produk yang ditawarkan.

Penjualan Meningkat

Merdeka.com

Bila brand sudah diingat pelanggan, mereka akan membeli suatu produk dengan begitu banyaknya pilihan merek yang ada, hampir sebagian besar mereka akan membeli produk barang/jasa yang mereknya sudah melekat dalam pikirannya.

Hal itulah yang membuat brand awareness bisa memberikan efek penjualan meningkat drastis dari sebelumnya. Kampanye melalui cara-cara strategi pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial, iklan adwords, iklan YouTube, dan SEO adalah strategi ampuh untuk kondisi saat ini.

Penjualan Meningkat

Studybreaks.com

Agar pelanggan dapat mengingat lebih baik dan tak cepat melupakan produk, berilah kesan yang unik. Kesan unik maksudnya, melakukan branding produk melalui gambar atau ikon yang menunjukan kelebihan dari produk, slogan yang berbeda dengan yang lain sehingga melekat di ingatan pelanggan. Kesan pertama akan menentukan kelangsungan usaha di masa depan.

Konsisten

Weblinxinc.com

Setelah menampilkan kesan pertama, langkah selanjutnya adalah konsisten. Kamu harus konsisten dengan apa yang ditampilkan pada kesan pertama. Oleh karena itu, jika brand yang dibangun tidak konsisten dalam melakukan branding maka pelanggan akan merasa bingung dan aneh serta mendapatkan sesuatu yang berbeda dari apa yang ditampilkan.

Kesan pertama juga berhubungan erat dengan kelangsungan bisnis, saat membangun branding produk. Kamu harus memperhatikan banyak hal salah satunya menyesuaikan karakter pelanggan secara umum.

Membangun Relasi

Innovativeadagency.com

Brand yang terkenal juga akan memudahkan segala urusan bisnis, termasuk untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain dalam bidang bisnis yang sama ataupun tidak. Dengan begitu, diharapkan kedua belah pihak bisa sama-sama saling menguatkan dan mengembangkan unit bisnis yang dimiliki.

Itulah manfaat brand awareness untuk bisnis yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Berikan Rating untuk Konten ini

Close Menu
Chat Whatsapp