• 0821-2297-7791
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya Untuk Website

Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya Untuk Website

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan website untuk menunjang proses pemasaran dan sebagainya. Oleh sebab itu, penggunaan website memberikan peranan yang paling penting. Namun tentunya, penggunaan website yang baik harus ditunjang dengan beberapa tools, dan salah satu tool tersebut adalah control panel hosting.

Pengertian

Control panel hosting merupakan sebuah aplikasi yang dapat dijalankan melalui browser. Untuk bisa masuk ke aplikasi ini, kamu harus memerlukan username dan password terlebih dahulu, serta harus memiliki email untuk bisa melakukan aktivasi hosting. Aplikasi ini merupakan antarmuka berbasis website hosting yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengelola server dan layanan host mereka.

Jika kamu akan membeli web hosting, biasanya control panel tersebut sudah disediakan oleh penyedia web hosting, kecuali jika paket hosting yang tidak di manage. Ada banyak sekali jenis yang bisa kita temukan pada aplikasi ini, seperti cPanel, Plesk, Ensim, Direct Admin, SPanel, GPLHost, VHSC, dan virtualmin/webmin.

Di antara banyaknya jenis control panel hosting yang sering dan paling banyak digunakan di Indonesia adalah cPanel dan Plesk. Diantara jenis-jenis tersebut, ada yang berbayar dan ada yang memang gratis.

Fungsi Control Panel Hosting

Adapun fungsi dari aplikasi ini seperti mengatur hosting, membuat atau mengelola database, membuat email, meng-install website, membuat sub domain atau add on domain dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Selain itu, control panel juga berfungsi untuk memudahkan penggunaan nya dalam mengakses dan melakukan pengaturan khusus terhadap sistem operasi windows.

Tips Memilih Control Panel Hosting

Sebelum memutuskan untuk memilih control panel hosting ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti control panel yang nantinya dipilih haruslah memiliki antarmuka pengguna yang mudah untuk dikelola. Sehingga, para pengguna bisa mengelola semua aspek dari hosting dengan mudah.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah memiliki fitur dan dukungan perangkat lunak. Tak hanya itu, efektivitas biaya pun perlu dipertiimbangkan. Jika memang kamu tidak bisa membayar control panel, kamu bisa memilih control panel yang gratis. Untuk control panel gratis yang cocok bisa menggunakan webmin/virtualmin. Sementara, jika memang mau membelinya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan terbaik bisa memilih cPanel.

Selain itu, pembaruan stabilitas dan keamanan juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih control panel hosting. Stabilitas dan keamanan sendiri, merupakan faktor yang sangat penting. Di mana, keduanya sangat mempengaruhi bisnis kamu jika tidak dikelola dengan benar. Sangat penting bagi kamu untuk memilih control panel yang stabil dan tidak menyebabkan downtime tidak perlu.

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah control panel yang dipilih memiliki forum dan dukungan. Biasanya, saat memasang control panel, pengelolaan layanan nya dilakukan oleh control panel itu sendiri dan sangat penting memiliki dukungan support jika ada masalah.

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam memilih control panel hosting adalah memiliki situs website yang berfungsi baik dengan sistem windows. Jika demikian, maka kamu harus memilih control panel yang berfungsi di server windows.

Control panel hosting sendiri merupakan bagian dari microsoft windows sejak versi windows 2.0. Setiap versi barunya selalu memberikan tampilan applet terbaru di dalamnya. Selain beragam jenisnya, ternyata aplikasi yang satu ini juga ada yang gratisnya.

Nah, itulah informasi mengenai control panel hosting mulai dari pengertian, hingga fungsinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp