• 0822-2333-2840
  • cs@jasterweb.com
  • Jl Taman Kendangsari No 4, Surabaya
Pentingnya Kecepatan Website untuk Sukses Online

Pentingnya Kecepatan Website untuk Sukses Online

Kecepatan website merupakan faktor penting yang mempengaruhi traffic pengunjung. Jika sebuah website mudah dan cepat untuk diakses, pengunjung semakin nyaman dan betah. Faktor kecepatan website juga sangat penting untuk meningkatkan peringkat SEO pada sebuah website. Untuk lebih lengkapnya, simak baik-baik penjelasannya sebagai berikut.

1. Server

Kit8.net

Faktor yang paling dasar adalah server dari website itu sendiri, karena website berada dalam web server. Pemilik website harus menentukan server terlebih dahulu karena akan mempengaruhi kecepatan website. Jika mempunyai website yang dikunjungi ratusan atau ribuan pengunjung setiap harinya, menggunakan VPS atau virtual private server menjadi langkah yang tepat. Jika pengunjung website lebih dari ribuan, tidak ada salahnya untuk menyewa dedicated server.

2. Web Server

Pcmag.com

Faktor yang menentukan kecepatan website selanjutnya adalah web server. Pengertian dari web server adalah software yang menjalankan server dan berfungsi untuk menyajikan layanan website itu sendiri. Beberapa web server yang paling banyak diminati adalah: apache, nginx, litespeed dan lainnya. Web server yang disebutkan dapat berbayar atau gratis semua sesuai dengan ketentuan web server itu sendiri.

3. Konten Website

Blog.exitbee.com

Konten menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website. Konten yang berisi banyak gambar membuat kecepatan website semakin lambat. Sedangkan konten berisi tulisan saja akan lebih cepat diakses karena tidak terlalu berat. Kedua konten itu memiliki kekurangan dan kelebihan. Konten website akan terlihat lebih baik bila memakai keduanya, tulisan akan mendetailkan gambar dan gambar akan menjelaskan tulisan.

4. Tema atau Template

Wpbeginner.com

Memilih template merupakan keputusan penting bagi setiap pemilik website. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya kecepatan. Template sederhana akan mempermudah kecepatan website. Namun, tidak ada salahnya untuk memilih template sederhana dengan tampilan yang elegan. Dengan begitu, pengunjung dapat mengakses website dengan cepat dan semakin nyaman untuk berkunjung.

5. Plugin

Kinsta.com

Plugin juga tak kalah penting. Faktor ini mempengaruhi kecepatan suatu website. Plugin cache adalah bagian terpenting dari plug. Ada beberapa plugin untuk keperluan website yang bisa diinstal, antara lain:

a. A3 Lazy Load

A3 lazy load berfungsi untuk membuat konten terbawah yang belum waktunya dilihat oleh pengunjung. A3 lazy load lebih mengutamakan tulisan yang muncul dibanding dengan gambar.

b. Accelerated Mobile Pages

Accelerated Mobile Pages atau AMP. AMP lebih sering digunakan oleh android, website yang diakses akan jauh lebih cepat terbuka dengan smartphone. Website yang menggunakan AMP, biasanya ditandai dengan gambar petir di mesin pencarian google.

c. Auto Image Alt

Auto image Alt berfungsi untuk memberi atribut alt pada gambar. auto image Alt sangat bermanfaat untuk Search Engine Optimized (SEO).

d. Autoptimize

Autoptimize berfungsi untuk mengoptimalisasi halaman, menghilangkan yang tak dibutuhkan, menggunakan CDN untuk gambar dan masih banyak fungsi yang lainnya.

e. Contact Form 7

Contact form 7 berfungsi untuk membuat formulir dengan format yang telah disediakan. Formulir biasa dipakai untuk pencarian peserta, karyawan dan lain sebagainya.

Itulah pentingnya kecepatan website untuk sukses online. Website yang cepat memudahkan pengunjung mengakses website dimana dan kapan saja. Di era digital ini, website sering digunakan untuk mencari informasi, melamar pekerjaan, berkomunikasi dan lain-lain. Karena alasan tersebut, kecepatan website menjadi hal faktor penting untuk menarik banyak pengunjung. Semoga bermanfaat!

Berikan Rating untuk Konten ini

Leave a Reply

Close Menu
Chat Whatsapp